POTENSI PENERAPAN SISTEM DRAINASE BERKELANJUTAN SEBAGAI UPAYA MITIGASI BANJIR DI PERMUKIMAN PADAT KELURAHAN PADASUKA, KOTA BANDUNG

Ramansyah, Muhammad Sulthan (2022) POTENSI PENERAPAN SISTEM DRAINASE BERKELANJUTAN SEBAGAI UPAYA MITIGASI BANJIR DI PERMUKIMAN PADAT KELURAHAN PADASUKA, KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Muhammad Sulthan Ramansyah_183060032_Perencanaan Wilayah dan Kota.pdf

Download (861kB) | Preview

Abstract

Sistem drainase yang berkelanjutan adalah tentang memaksimalkan manfaat dan meminimalkan dampak negatif dari limpasan air permukaan dari daerah maju. Sistem ini merupakan sistem yang cocok untuk diterapkan di permukiman padat penduduk yang memiliki permasalahan banjir atau pun permukiman yang berpotensi akan terjadi banjir. Berdasarkan RDTR Kota Bandung Tahun 2015- 2035 Kelurahan Padasuka berada di SWK Cibeunying merupakan sub zona rawan genangan banjir dan zona perumahan dengan kepadatan yang tinggi. Selain menjadi zona rawan genangan banjir dan zona perumahan kepadatan tinggi Kelurahan Padasuka juga merencanakan pengembangan sistem drainase. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi potensi penerapan sistem drainase berkelanjutan di permukiman padat penduduk Kelurahan Padasuka dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis spasial, analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis didapatkan bahwa terdapat 11 RW di Kelurahan Padasuka yang terkena banjir, dan 3 RW yang paling sering terkena banjir yaitu RW 10, RW 11 dan RW 12. Untuk jenis sistem drainase berkelanjutan yang akan diterpkan di Kelurahan Padasuka ada 3 (tiga) yaitu, rainwater harvesting, porous paving material (paving berongga) dan filter trenches (parit filter). Kata Kunci: Drainase, Berkelanjutan, Banjir, Permukiman.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:27
Last Modified: 21 Nov 2022 02:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61613

Actions (login required)

View Item View Item