KAJIAN PENINGKATAN KUALITAS LINGKUNGAN PERMUKIMAN KUMUH DALAM MEWUJUDKAN KOTA BERKELANJUTAN (Studi Kasus : Kelurahan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi)

Mahrezeki, Yhossy Buge (2022) KAJIAN PENINGKATAN KUALITAS LINGKUNGAN PERMUKIMAN KUMUH DALAM MEWUJUDKAN KOTA BERKELANJUTAN (Studi Kasus : Kelurahan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Yhossy Buge Mahrezeki_183060061_Perencanaan Wilayah dan Kota.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan ke 11 dalam Sustainable Development Goals (SDGs) yang telah diinisiasi oleh Sekretariat SDGs/Bappenas Indonesia adalah kota dan permukiman inklusif, aman, tangguh dan berkelanjutan, dimana target 2030 adalah memastikan akses terhadap perumahan dan pelayanan dasar yang layak, aman dan terjangkau bagi semua, meningkatkan mutu permukiman kumuh. Kawasan permukiman kumuh Rancabentang Kelurahan Cibeureum Kecamatan Cimahi Selatan seluas 27,08 Ha. Kecamatan Cimahi Selatan termasuk kawasan industri dan pergudangan yang sudah terbangun, dan sebagian besar Kecamatan Cimahi Selatan kawasan permukiman yang bercampur dengan kegiatan industri, sehingga harus dilakukan penanganan agar tidak memperluas atau memperburuk kondisi permukiman kumuh. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskannya arahan penangan permukiman kumuh Kawasan Rancabentang Kelurahan Cibeureum Kecamatan Cimahi Selatan dalam mewujudkan permukiman inklusif dan berkelanjutan, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Analisis yang dilakukan meliputi analisis tingkat kekumuhan, skoring, analisis spasial, serta analisis potensi dan masalah permukiman kumuh di Kelurahan Cibeureum. Dari hasil analisis diperoleh bahwa tingkat kekumuhan pada Kelurahan Cibeureum sedang, dan hasil kajian status keberlanjutan pada aspek sosial-ekonomi masih relatif lebih tinggi dibandingkan dengan aspek fisik-lingkungan. Arahan penanganan penelitian ini adalah dilakukan perbaikan dan pemeliharaan terhadap kondisi fisik-lingkungan pada permukiman kumuh di Kelurahan Cibeureum berupa fisik bangunan, penyediaan air minum, jaringan jalan, jaringan drainase,pengelolaan air limbah, pengelolaan persampahan, dan proteksi kebakaran. Kata Kunci : Kawasan, Permukiman kumuh, Permukiman Inklusif-Berkelanjutan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:17
Last Modified: 21 Nov 2022 02:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61610

Actions (login required)

View Item View Item