ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA KUMPULAN CERPEN MEKAR SEMALAM KARYA MUSHOFFA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 3 CIKAMPEK

Destriadi, Kharisma Bintang, 185030122 (2022) ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA KUMPULAN CERPEN MEKAR SEMALAM KARYA MUSHOFFA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 3 CIKAMPEK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak Sunda.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (267kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pendidikan karakter merupakan suatu sistem pendidikan yang dibuat secara terencana oleh pemerintah dengan berbasis program pembelajaran. Untuk membentuk serta memperkuat moral dan karakter suatu bangsa, maka pendidikan karakter memiliki peran penting serta memberikan manfaat yang besar bagi bidang pendidikan pada umumnya. Maka dari itu pembentukan nilai pendidikan karakter tersebut dapat diimbangi dengan menambah wawasan serta pengetahuan yang harus diterapkan kepada peserta didik melalui kebiasaan membaca. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah adalah metode kualitatif deskriptif dengan tujuan mencari tahu dan memperdalam keilmuan mengenai fakta pada data suatu penelitian. Menurut Muri Yusuf (2017, hlm. 329) bahwa “Tujuan penelitian kualitatif adalah untuk menemukan jawaban terhadap suatu fenomena atau pertanyaan melalui aplikasi prosedur ilmiah secara sistematis dengan menggunakan pendekatan kulitatif”. Peneliti mendapatkan data yang sesuai dengan aspek-aspek yang suadah dianalisis sebagai berikut, religius 10 data, jujur 8 data, toleransi 2 data, disiplin 8 data, kerja keras 8 data, kreatif 1 data, mandiri 3 data, demokratis 1 data, rasa ingin tahu 26 data, semangat kebangsaan 4 data, cinta tanah air 2 data, menghargai 14 data, bersahabat/berkomunikasi 4 data, cinta damai 4 data, gemar membaca 1 data, peduli lingkungan 1 data, peduli sosial 4 data, dan tanggung jawab 5 data. Jadi keseluruhan data yang terkandung dalam kumpulan cerpen Mekar Semalam adalah 98 data.Peneliti dapat menyimpulkan bahwa nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Kumpulan cerpen Mekar Semalam karya Mushoffa ini dapat dijadikan alternatif bahan ajar dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik Kelas XI baik di tingkat Menengah Atas ataupun Menengah Kejuruan. Kata kunci: Kumpulan Cerpen Mekar Semalam, Nilai Pendidikan Karakter, Bahan Ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 19 Nov 2022 06:14
Last Modified: 19 Nov 2022 06:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61599

Actions (login required)

View Item View Item