PENENTUAN UMUR SIMPAN MENGGUNAKAN METODE ASLT (ACCELERATED SHELF LIFE TEST) PADA MINUMAN SERBUK BERBASIS SARI DAUN BELUNTAS (Pluchea indica) DAN BUAH KAWISTA (Limonia acidissima) MENGGUNAKAN METODE FOAM MAT DRYING

Rahmana, Firyal Sabila Wardhani (2022) PENENTUAN UMUR SIMPAN MENGGUNAKAN METODE ASLT (ACCELERATED SHELF LIFE TEST) PADA MINUMAN SERBUK BERBASIS SARI DAUN BELUNTAS (Pluchea indica) DAN BUAH KAWISTA (Limonia acidissima) MENGGUNAKAN METODE FOAM MAT DRYING. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Firyal Sabila Wardhani Rahmana_173020011.pdf

Download (487kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan umur simpan simpan produk minuman sari daun beluntas (Pluchea indica) dan buah kawista (Limonia acidissima) pada penyimpanan dan suhu yang berbeda melalui pendugaaan umur simpan metode ASLT model Arrhenius. Pada penelitian ini, serbuk minuman sari daun beluntas (Pluchea indica)dan buah kawista (Limonia acidissima) dibuat melalui proses Foam mat drying pada suhu 50°C selama 6 jam melalui penambahan tween 80 sebagai agen pembuih, dan maltodekstrin sebagai zat anti tahan panas. Penelitian ini dibagi dalam dua tahap, yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan dilakukan untuk menentukan formulasi yang akan digunakan dalam penelitian utama dengan membandingkan formulasi Daun Beluntas : Buah Kawista 1:1, 2:1, 1:2. dari ketiga formulasi Minuman serbuk berbasis sari daun Beluntas dan Buah Kawista yang dibuat dengan syarat mutu minuman serbuk menurut SNI 01-430-1996. Pada penelitian utama metode penelitian yang digunakan yaitu penerapan metode (Accelerated Shelf Life Testing) ASLT model Arrhenius terhadap umur simpan minuman serbuk berbasis sari Daun Beluntas dan Buah Kawista berdasarkan parameter Kadar Air dan Vitamin C. Hasil dari penelitian utama berdasarkan parameter vitamin c memiliki nilai energi aktivasi lebih kecil dibandingkan dengan parameter kada air. Sehingga di dapat umur simpan minuman serbuk berbasis sari daun beluntas dan buah kawista berdasarkan kadar vitamin C yang disimpan pada suhu penyimpanan 250C diduga memiliki umur simpan 72,73 hari, pada suhu 300C memiliki umur simpan 49,20 hari, dan pada suhu 350C memiliki umur simpan 33,45 hari. Suhu dan lama penyimpanan berpengaruh terhadap warna, aroma, dan rasa pada minuman serbuk berbasis sari Daun Beluntas dan Buah Kawista yang mempengaruhi penurunan tingkat kesukaan panelis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 18 Nov 2022 07:18
Last Modified: 18 Nov 2022 07:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61571

Actions (login required)

View Item View Item