KAJIAN STILISTIKA TERHADAP BENTUK DEVIASI DALAM KUMPULAN PUISI AKU INI BINATANG JALANG KARYA CHAIRIL ANWAR DAN RELEVANSINYA DENGAN TUNTUTAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA SMK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 REVISI

Agus Pupun Purwadi, NPM : 198090033 (2022) KAJIAN STILISTIKA TERHADAP BENTUK DEVIASI DALAM KUMPULAN PUISI AKU INI BINATANG JALANG KARYA CHAIRIL ANWAR DAN RELEVANSINYA DENGAN TUNTUTAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA SMK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 REVISI. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Agus Pupun Purwadi.docx

Download (77kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis bentuk deviasi dalam kumpulan puisi Aku Ini Binatang Jalang karya Chairil Anwar dan relevansinya dengan tuntutan bahan ajar bahasa Indonesia SMK berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Instrumen yang digunakan adalah kajian stilistika yang berorientasi terhadap bentuk deviasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Deviasi yang digunakan pada puisi-puisi Chairil Anwar merupakan unsur inti yang membentuk bentuk puisi tersebut. Setelah dikaji dengan fokus kajian stilistika semua bentuk deviasi dimunculkan dalam puisi-puisinya. Terdapat deviasi leksikal, deviasi fomologi, deviasi morfologi, deviasi sintaksis, deviasi semantis, deviasi grafologi, deviasi dialek dan deviasi register. (2) Deviasi yang paling sering muncul adalah deviasi semantis, karena sebagian besar puisi terbentuk dari gaya bahasa yang memiliki makna konotasi, maka deviasi semantis menjadi hal yang terpenting dalam terbentuknya suatu puisi. Selanjutnya yang sering muncul adalah deviasi sintaksis, karena pada tiap larik puisi banyak sekali menyimpang dari kaidah sintaksis, namun hal tersebut sengaja dilakukan untuk memunculkan efek keindahan pada puisi yang ditulis. (3) Berdasarkan hasil analisis stilistika terhadap bentuk deviasi dalam kumpulan puisi Aku Ini Binatang Jalang karya Chairil Anwar buku kumpulan puisi ini sudah relevan dengan tuntutan bahan ajar Bahasa Indonesia SMK berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Hal ini dengan mempertimbangkan kriteria bahan ajar sastra menurut Rahmanto yaitu aspek bahasa, aspek kematangan jiwa (psikologis) dan aspek latar belakang budaya. Kata Kunci: Kajian stilistika, bentuk deviasi, teks puisi, bahan ajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 18 Nov 2022 06:24
Last Modified: 18 Nov 2022 06:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61564

Actions (login required)

View Item View Item