KAJIAN PEMERIKSAAN BERDASARKAN SAMPLING PADA PEMERIKSAAN PART THSA UNTUK MENGURANGI UNFAVORABLE HOUR BERDASARKAN MIL STD 414 (STUDI KASUS : PT. UTC AEROSPACE SYSTEM BANDUNG)

ANELIYA RAHMAH, NILAM and Harjadi,, Arumsari (2022) KAJIAN PEMERIKSAAN BERDASARKAN SAMPLING PADA PEMERIKSAAN PART THSA UNTUK MENGURANGI UNFAVORABLE HOUR BERDASARKAN MIL STD 414 (STUDI KASUS : PT. UTC AEROSPACE SYSTEM BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
NILAM ANELIYA RAHMAH_203010153_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (752kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Model bisnis cost center adalah suatu entitas yang memiliki tanggung jawab berupa biaya yang dikeluarkan dan biaya pengendalian berupa anggaran. Dua faktor perhitungan cost yang berlaku di PT. UTC Aerospace System Bandung dengan model bisnis cost center yaitu rate/hour dan waktu standar. Rate/hour akan berpengaruh pada ongkos sumberdaya manusia sedangkan waktu standar akan berpengaruh kepada perhitungan harga produk. Jika waktu aktual suatu proses lebih lama dibandingkan dengan waktu standar, akan menimbulkan selisih yang disebut unfavorable hour. Semakin besar nilai unfavorable hour maka semakin tinggi beban yang harus diserap oleh PT. UTC Aerospace System. Salah satu cara untuk mengurangi waktu proses pada pengukuran adalah dengan rencana acceptance sampling. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan rencana sampling pada proses pengukuran dimensi menggunakan CMM untuk part THSA menggunakan metode acceptance sampling dan menganalisa kinerja rencana sampling yang ditentukan pada proses pengukuran dimensi tersebut. Rencana sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah rencana acceptance sampling variable dengan dua spesifikasi dan untuk menghitung kinerja rencana sampling usulan menggunakan Average Total Inspection (ATI). Dari hasil penelitian didapatkan rencana sampling yang dapat digunakan pada proses pengukuran dimensi menggunakan CMM untuk part THSA untuk lot size 41 sampai dengan 65 adalah (n = 3) dengan batas maksimum persen defektive penerimaan (M =1,94) dan untuk lot size 66 sampai dengan 110 adalah (n = 4) dengan batas maksimum persen defektive penerimaan (M =1,88) menggunakan bantuan tabel MIL-STD 414. Kinerja rencana acceptance sampling variable yang diukur adalah rata-rata jumlah inspeksi sebesar 22 untuk lot size 41 sampai dengan 65 dan 31 sampai dengan 42 untuk lot size 66 sampai dengan 110. Dengan rencana sampling usulan tersebut, unfavorable hour part THSA dapat menurun dengan rata-rata 15,07 jam atau 54,46 %. Dengan penurunan unfavorable hour tersebut PT. UTC dapat menghemat Rp 8,416,257. Kata Kunci : Cost Center, Rencana Acceptance Sampling Variable, Average Total Inspection, MIL-STD 414

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 18 Nov 2022 04:25
Last Modified: 18 Nov 2022 04:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61560

Actions (login required)

View Item View Item