PENGUKURAN BEBAN KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEFENCE RESEARCH AGENCY WORKLOAD SCALE (DRAWS) UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN DIVISI PRODUKSI KNALPOT (STUDI KASUS : PT. SANDY GLOBALINDO)

Bramantyo, Rayhan Farel (2022) PENGUKURAN BEBAN KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEFENCE RESEARCH AGENCY WORKLOAD SCALE (DRAWS) UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN DIVISI PRODUKSI KNALPOT (STUDI KASUS : PT. SANDY GLOBALINDO). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Rayhan Farel Bramantyo_183010071_Teknik Industri.pdf

Download (776kB) | Preview

Abstract

PT. Sandy Globalindo (PT. SND) merupakan sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang otomotif memproduksi aksesoris (spare part) sepeda motor. Produk-produk yang dihasilkan oleh PT. Sandy Globalindo yaitu seperti knalpot (exhaust) all type, swing arm, foot step all type, blok kopling dan berbagai macam sparepart motor yang lainnya. Pada data jumlah produksi knalpot yang diberikan oleh perusahaan merupakan data dalam kurun waktu satu tahun terakhir di PT. Sandy Globalindo (PT. SND), perusahaan mempunyai target yaitu maksimal persentase produksi yang tidak mencapai target sebesar 2%, namun setelah melihat data jumlah produksi knalpot tersebut didapatkan persentase produksi knalpot yang tidak mencapai target yaitu diatas 2% per setiap bulan nya. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi produksi tidak mencapai target yaitu kemampuan individu dari setiap karyawan divisi produksi knalpot yang berbeda-beda. Hal tersebut akan mempengaruhi fokus dan mental dari setiap karyawan yang akan sangat berpengaruh terhadap produktivitas karyawan dan juga kinerja perusahaan kedepannya. Berdasarkan permasalahan yang terjadi model pemecahan masalah yang dipilih ialah metode Defence Research Agency Workload Scale (DRAWS) Metode ini merupakan metode pengukuran beban kerja subjektif dengan empat variabel skala pengukuran yaitu Input Demand, Central Demand, Output Demand, dan Time Pressure. Setelah itu responden melakukan pengisian kuesioner yang telah dirancang oleh peneliti, hasil penyebaran kuesioner kepada 20 karyawan yang ada pada divisi produksi knalpot serta pengolahan data yang telah diolah oleh peneliti didapatkan hasil bahwa 82% dari 20 responden merasakan beban kerja over load. Terdapat 14 orang responden yang merasakan beban kerja overload dan tiga orang responden merasakan beban kerja optimal load. Kata Kunci: Metode Defence Research Agency Workload Scale (Draws), Produktivitas Karyawan, Beban Kerja Mental, Produksi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 18 Nov 2022 03:35
Last Modified: 18 Nov 2022 03:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61554

Actions (login required)

View Item View Item