PENGUKURAN USABILITY WEBSITE PARIWISATA MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION (Studi Kasus : www.wisatabangkaselatan.com)

Oktar, Verra (2022) PENGUKURAN USABILITY WEBSITE PARIWISATA MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION (Studi Kasus : www.wisatabangkaselatan.com). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Verra Oktari_183040003_Teknik Informatika.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Bangka Selatan telah menerapkan teknologi informasi berbasis website guna mencapai tujuan dan sasaran Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan yaitu untuk menyebarluaskan informasi, memberikan pelayanan publik yang baik bagi masyarakat serta meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Bangka Selatan pada sektor pariwisata. Namun, pada saat pembuatannya belum dilakukan pengukuran usability untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut sudah mudah digunakan atau belum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat usability pada website wisatabangkaselatan.com dan terdapat beberapa kekurangan sehingga harus diperbaiki seperti tidak ada fitur search, tidak ada pilihan bahasa, tidak ada judul halaman utama, tidak konsisten pada gambar dan background. Pengukuran ini menggunakan konsep heuristic evluation dengan variabel – variabel sebegai berikut; visibilitas dari status sistem, kesesuaian antara sistem dan dunia nyata, kendali dan kebebasan pengguna, standar dan konsistensi, pencegahan kesalahan, adanya pengenalan, fleksibilitas dan efesiensi, estetika dan desain yang minimalis, bantuan pengguna untuk mengenali, mendiagnosa dan mengatasi masalah serta fitur bantuan dan dokumentasi. Pengukuran ini dimulai dari melakukan pengamatan terhadap website, wawancara pengembang website, kemudian melakukan usability testing serta mengisi kuesioner yang dilakukan oleh 5 evaluator. Hasil dari penelitian ini akan menjadi kesimpulan untuk mengetahui pengaruh dari lima faktor usability dengan menggunakan sepuluh prinsip heuristic evluation. Hasil penelitian ini juga menghasilkan rekomendasi perbaikan pada website pariwisata Kabupaten Bangka Selatan atas antarmuka website yang diharapkan dapat meningkatkan Usability sistem. Kata kunci : Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga, Usability, Heuristic Evaluation, Website, Evaluator

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 18 Nov 2022 03:27
Last Modified: 18 Nov 2022 03:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61553

Actions (login required)

View Item View Item