Implementasi Kurikulum Kepesantrenan dalam Upaya Penguatan Karakter Siswa di SMK As-Salafiyah Cibiuk Garut (The Implementation of Boarding School Curriculum in an Effort to Strengthen the Students Characters of Islamic Vocational School As-Salafiyah Cibiuk Garut

Siti Wahyuni, NPM : 208020145 (2022) Implementasi Kurikulum Kepesantrenan dalam Upaya Penguatan Karakter Siswa di SMK As-Salafiyah Cibiuk Garut (The Implementation of Boarding School Curriculum in an Effort to Strengthen the Students Characters of Islamic Vocational School As-Salafiyah Cibiuk Garut. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Siti Wahyuni.docx

Download (69kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kurikulum kepesantrenan dalam upaya penguatan karakter siswa di SMK As-Salafiya Cibiuk Garut. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dan penggunaan kuesioner dengan porsi pendekatan kualitatif yang sangat dominan. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara terhadap kepala sekolah/wakil kepala sekolah, guru dan siswa secara purposif; observasi dan studi dokumentasi; yang dilengkapi survei dengan kuesioner terhadap 61 orang siswa sebagai sampel dari total populasi 159 orang secara random. Teknik analisis data terdiri atas reduksi data, display data, verifikasi dan interpretasi, serta uji keabsahan data, dan analisis deskriptif hasil kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Langkah-langkah implementasi kurikulum kepesantrenan di SMK Islam As-Salafiyah Cibiuk Garut dilakukan melalui sosialisasi dari dinas terkait/pimpinan; perencanaan program penguatan karakter melalui Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (PBKB); pelaksanaan program, monitoring dan evaluasi program; dan tindak lanjut; 2) Upaya penguatan karakter siswa di SMK Islam As-Salafiyah Cibiuk Garut dilakukan melalui kegiatan pembiasaan hal-hal yang baik; keteladanan dalam sikap dan perilaku baik dari guru dan orang tua; penerapan model pembelajaran kontekstual; penerapan metode bermain peran; pembelajaran partisipatif; 3) Faktor-faktor yang mendukung implementasi kurikulum kepesantrenan dalam upaya penguatan karakter siswa di SMK Islam As-Salafiyah Cibiuk Garut mencakup motivasi belajar dan disiplin diri siswa terhadap tatatertib sekolah, kondusivitas lingkungan sekolah, dukungan dan keteladanan orang tua siswa dan guru, ketersediaan sarana-prasarana dan fasilitas belajar, serta ketersediaan akses informasi yang luas melalui internet; sedangkan faktor-faktor yang menghambat meliputi kurang tegasnya sanksi terhadap pelanggar tatatertib sekolah, keteladanan guru dan orang tua siswa yang masih belum terlihat signifikan, akses informasi melalui internet, dan lingkungan masyarakat yang kurang aman; 4) Secara keseluruhan, tingkat keberhasilan implementasi kurikulum kepesantrenan yang diberlakukan dalam upaya penguatan karakter sisiwa di SMK Islam As-Salafiyah Cibiuk Garut sudah tercapai dengan baik yang secara deskriptif mencapai rata-rata 83,31%. Kata Kunci: Pesantren, Kurikulum Pesantren, Implementasi Kurikulum Kepesantrenan,

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:46
Last Modified: 18 Nov 2022 02:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61547

Actions (login required)

View Item View Item