KAJIAN STILISTIKA BERORIENTASI DIKSI PADA PUISI KORAN NASIONAL YANG MENGANDUNG NILAI KARAKTER DAN KESESUAIANNYA DENGAN TUNTUTAN BAHAN AJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMK KURIKULUM 2013

AGUNG APRIATNA, NPM : 198090032 (2022) KAJIAN STILISTIKA BERORIENTASI DIKSI PADA PUISI KORAN NASIONAL YANG MENGANDUNG NILAI KARAKTER DAN KESESUAIANNYA DENGAN TUNTUTAN BAHAN AJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMK KURIKULUM 2013. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
JURNAL_Agung_PBSI.docx

Download (147kB)

Abstract

Keterampilan berbahasa harus ditingkatkan dengan cara berlatih dan diperaktikan, salah satunya dengan membaca karya sastra puisi. Berdasarkan latar belakang tersebut karya sastra puisi merupakan suatu unsur yang tidak terlepas dari diksi yang dikreasikan oleh penyair. Latar belakang sosial, budaya, serta nilai karakter menjadi salah satu faktor yang mewarnai sebuah puisi. Oleh sebab itu, puisi me-miliki nilai-nilai karakter yang dapat menumbuhkan karakter anak bangsa. Sehu-bungan dengan fenomena munculnya permasalahan dalam memaknai nilai-nilai karakter pada puisi, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan kajian stilis-tika berorientasi diksi untuk menginterpretasikan nilai-nilai karakter dalam puisi. Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) mengetahui peranan kajian stilistika bero-rientasi diksi pada karya puisi dalam situs puisikompas.wordpress.com edisi bulan Juli 2016 yang berfokus mengupas pemilihan diksi yang digunakan penyair dalam karyanya; (b) memastikan bahwa kumpulan karya puisi dalam situs puisikom-pas.wordpress.com memiliki kekayaan interpretasi makna yang mengandung ca-paian nilai-nilai karakter; (c) memanfaatkan hasil kajian sebagai cara untuk mene-mukan nilai karakter dan kesesuaiannya dengan tuntutan bahan ajar bahasa dan sastra Indonesia di SMK kurikulum 2013. Pemilihan dan penggunaan diksi yang dilakukan penyair pada kumpulan puisi Kompas memiliki kedalaman makna dan memiliki nilai karakter yang dapat dijadikan pelajaran. Kata Kunci: Kajian Stilistika, Puisi, Nilai Karakter.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 17 Nov 2022 06:59
Last Modified: 17 Nov 2022 06:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61536

Actions (login required)

View Item View Item