PENERAPAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA

Juju Julaeha, NPM : 188060033 (2022) PENERAPAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
JURNAL JUJU REV-1(NEW).docx

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran Discovery Learning (DL) dan peserta didik yang menggunakan pembelajaran ekspositori, serta untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar matematis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Metode Campuran (Mixed Method) dan tipe penyisipan (Embedded Design). Sampel terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 22 siswa kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siwa dengan discovery learning lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran ekspositori. Motivasi belajar matematika siswa dengan discovery learning lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran ekspositori. Terdapat hubungan antara motivasi belajar matematika dengan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang sangat kuat, dimana tingkat motivasi belajar siswa yang menggunakan discovery learning lebih baik daripada dengan siswa yang menggunakan ekspositori. Sehingga dengan demikian dapat mempercepat siswa untuk memahami kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: Discovery Learning, Motivasi belajar, dan Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 17 Nov 2022 06:50
Last Modified: 17 Nov 2022 06:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61535

Actions (login required)

View Item View Item