STUDI KELAYAKAN TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR SAMPAH (TPAS) DI DESA PONDOKPANJANG (Studi Kasus : TPA Cihara, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak)

Mulia Fatimah, Zulfa and Heri Pirngadi, H. Budi and Martani Surdia, Reza (2022) STUDI KELAYAKAN TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR SAMPAH (TPAS) DI DESA PONDOKPANJANG (Studi Kasus : TPA Cihara, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Zulfa Mulia F-183060063-Perencanaan Wilayah dan Kota.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pembuangan akhir sampah (TPA) adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan dan memusnahkan sampah dengan cara tertentu sehingga dampak negatif yang di timbulkan kepada lingkungan dapat diminimalisir. Namun peningkatan volume sampah yang tidak diikuti dengan sarana TPA yang memadai dan tidak sesuai dengan kriteria-kriteria yang ada, akan dapat menimbulkan masalah lingkungan yang dapat mengganggu aktifitas masyarakat. Berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Lebak terdapat beberapa arahan program untuk pengelolaan persampahan salah satunya ialah pengembangan atau optimalisasi tempat pemrosesan akhir (TPA) sampah yang terletak di Kecamatan Maja dan Kecamatan Cihara. Lokasi TPA Cihara terletak di Desa Pondokpanjang, Kecamatan Cihara dimana cakupan pelayanan oprasional di TPA Cihara melayani 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Lebak Selatan yaitu Kecamatan Banjarsari, Kecamatan Cijaku, Kecamatan Cigemblong, Kecamatan Wanasalam, Kecamatan Malingping, Kecamatan Cihara, Kecamatan Panggarangan, Kecamatan Bayah, Kecamatan Cibeber, dan Kecamatan Cilograng. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kelayakan lokasi Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) di Desa Pondokpanjang dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun analisis yang dilakukan meliputi analisis karakteristik lokasi TPA dan lokasi sekitar TPA Cihara, analisis kesesuaian lokasi TPA berdasarkan ketentuan SNI 03-3241-1994, serta terumuskanya rekomendasi perbaikan TPA Cihara. Dari hasil analisis diperoleh bahwa lokasi TPA Cihara saat ini tidak layak dan tidak sesuai berada di Desa Pondokpanjang dan terdapat 1 (satu) rekomendasi lokasi yang berpotensi menjadi TPA di Desa Citeupusen. Adapun rekomendasi penelitian ini yaitu memberikan kelengkapan fasilitas sarana dan prasana di TPA Cihara sesuai standar yang telah di tentukan dan pengoptimalan sistem pengelolaan sampah. Kata Kunci : Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Kondisi Lingkungan TPA, Kesesuaian Lokasi TPA, Timbulan Sampah, Kebutuhan lahan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:29
Last Modified: 22 Nov 2022 03:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61311

Actions (login required)

View Item View Item