PENDEKATAN COGNITIVE APPRENTICESHIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

IRALDY LAENDRA FASA, NPM : 188060062 (2022) PENDEKATAN COGNITIVE APPRENTICESHIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
Artikel Jurnak Iraldy Laendra fasa_MPM 2018.pdf

Download (634kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar antara siswa yang memperoleh pembelajaran Cognitive Apprenticeship dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau secara keseluruhan dan berdasarkan kemampuan awal matematis (KAM). Penelitian ini menggunakan metode campuran tipe Embedded dengan populasi siswa kelas XI SMAN 1 Cibinong dan sampel diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pencapaian kemampuan representasi matematis siswa yang belajar melalui pendekatan Cognitive Apprenticeship lebih baik daripada siswa yang belajar melalui pembelajaran Konvensional; (2) peningkatan kemampuan representasi matematis antara siswa yang belajar melalui pendekatan Cognitive Apprenticeship lebih baik daripada siswa yang belajar melalui pembelajaran Konvensional ditinjau dari keseluruhan dan KAM; (3) pencapaian kemampuan kemandirian belajar siswa yang belajar melalui pendekatan Cognitive Apprenticeship lebih baik dari pada siswa yang belajar melalui pembelajaran Konvensional ditinjau dari keseluruhan dan KAM; (4) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan representasi matematis antara siswa yang belajar melalui pendekatan Cognitive Apprenticeship dengan siswa yang belajar melalui pembelajaran Konvensional; (5) terdapat korelasi antara kemampuan representasi matematis dengan kemandirian belajar siswa yang belajar melalui pendekatan Cognitive Apprenticeship Kata kunci: Cognitive Apprenticeship, Kemampuan Awal Matematis, Kemampuan Representasi Matematis, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 16 Nov 2022 07:14
Last Modified: 16 Nov 2022 07:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61298

Actions (login required)

View Item View Item