RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN PASIEN DAN KAPITASI BPJS (Studi Kasus Pada Puskesmas Banjaran Kota Kabupaten Bandung)

Teuku Nicko Rinaldi, NPM : 188060049 (2022) RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN PASIEN DAN KAPITASI BPJS (Studi Kasus Pada Puskesmas Banjaran Kota Kabupaten Bandung). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel MMRS Teuku Nicko Rinaldi 208020001.docx

Download (31kB)

Abstract

Kesehatan menjadi kebutuhan dasar yang sangat penting bagi manusia selain pendidikan dan perekonomian. Setiap individu dapat melalukan banyak hal jika di dukung dengan kesehatan yang optimal, baik secara fisik maupun mental. Tujuan Penelitian ini adalah memahami lingkungan pemasaran, secara internal maupun eksternal beserta kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (SWOT) di Puskesmas Banjaran Kota, sehingga dapat menentukan strategi pemasaran yang dapat peningkatan jumlah kunjungan pasien secara optimal. Metode Penelititian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan dengan menggunkan teknik CDMG (coonsesnsus decision making group) yang disertai dengan penilaian intuisi terbaik (good intuitive judgement). Hasil penelitian didapatkan alternatif utama strategi yang akan diprioritaskan adalah strategi SO, yaitu memperbaiki kelemahan dengan memanfaatkan peluang yang ada. Dari hasil analisis posisi bersaing dan analisis SWOT, kemudian tahapan strategi pemasaran (Segmenting, Targetting, Positioning) dan bauran pemasaran (Marketing Mix), pada bauran pemasaran berupa penambahan SDM Medis dan Penunjang pelayanan sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan serta turut berupaya mensosialisasikan perpindahan Faskes peserta BPJS dengan melalui Mobile JKN dalam upaya meningkatkan jumlah kunjungan pasien dan Kapitasi BPJS. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, IFAS, EFAS, Puskesmas

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 16 Nov 2022 06:42
Last Modified: 16 Nov 2022 06:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61296

Actions (login required)

View Item View Item