ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MENGURANGI JUMLAH CACAT PRODUK PADA PROSES CUTTING DENGAN QUALITY CONTROL CICLE (QCC) PADA PT. Wijaya Promosindo Oetomo (WPO)

NAUFAL G, M NICKY (2022) ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MENGURANGI JUMLAH CACAT PRODUK PADA PROSES CUTTING DENGAN QUALITY CONTROL CICLE (QCC) PADA PT. Wijaya Promosindo Oetomo (WPO). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Repository M Nicky Naufal G 183010035.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

PT. Wijaya Promosindo Oetomo (WPO) telah berdiri sejak tahun 1995. Perusahaan telah tumbuh dan memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam bisnis garment dan barang dagangan promosi. Produk utama yang dihasilkan PT. Wijaya Promosindo Oetomo (WPO) adalah kaos. Dengan produk yang dihasilkan, yang dimana didalamnya terdapat material kain yang diproduksi langsung oleh perusahaan tersebut dengan jumlah yang banyak serta memiliki jumlah defect yang cukup banyak juga dari proses pemotongan pola kain untuk kaos tersebut. Untuk meminimalisir terjadinya defect pada proses cutting ini, operator perusahan melakukan aktifitas Quality Control Circle (QCC), QCC merupakan suatu kegiatan sekelompok pekerja yang bekerjasama dan melakukan suatu pertemuan secara berkala dalam mengupayakan pengendalian mutu (kualitas) dengan cara menganalisis, mengidentifikasi dan melakukan tindakan untuk menyelesaikan masalah kualitas yang dihadapi, alat- alat pengendalian mutu (QC Tools) adalah alat yang digunakan untuk memecahkan masalah tersebut. Seven Tools dikenal dengan Tools kerja yang biasa di gunakan di dalam melaksanakan aktivitas QCC. Antara lain adalah Fishbone Diagram, Diagram Pareto dan Control Chart. Diharapkan aktifitas QCC ini dapat meminimalisir terjadinya defect pada proses cutting. PT. Wijaya Promosindo Oetomo (WPO) juga mewajibkan operatornya untuk menjalankan prinsip 3M yaitu Tidak Membuat, Tidak menerima, dan Tidak meneruskan. Prinsip ini di laksanakan agar menghasilkan produk yang berkualitas tinggi. Jika prinsip ini dilaksanakan maka akan terhindar dari defect atau cacat yang tinggi. Kata Kunci : QCC,3M, Seven Tools

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 16 Nov 2022 01:21
Last Modified: 16 Nov 2022 01:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61263

Actions (login required)

View Item View Item