PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENELAAH UNSUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS DRAMA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 SUKARESIK KABUPATEN TASIKMALAYA

Imas Roihatul MZ, NPM : 188090008 (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENELAAH UNSUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS DRAMA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 SUKARESIK KABUPATEN TASIKMALAYA. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Jurnal Imas Roihatul MZ..doc

Download (505kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil kemampuan peserta didik dalam menelaah unsur dan kaidah kebahasaan teks drama dengan menggunakan model Discovery Learning sebagai upaya peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode mixed method (metode campuran) dengan pendekatan tipe Embedded Desain (penyisip). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMPN 1 Sukaresik Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa lembar observasi dan lembar soal pretest, posttest, dan LKPD. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Kemampuan menelaah unsur dan kaidah kebahasaan teks drama dengan model Discovery Learning lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model Inquiry Learning. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata kelas yang menggunakan model Discovery Learning, yaitu 80 lebih besar dibandingkan kelas yang menggunakan model Inquiry Learning yaitu 60; (2) kemampuan berpikir kritis dalam menelaah unsur dan kaidah kebahasaan teks drama dengan menggunakan model Discovery Learning lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model Inquiry Learning; (3) Berdasarkan hasil uji independent t-test, kemampuan menelaah unsur dan kebahasaan teks drama menggunakan model Discovery Learning diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < (0,050), maka H0 ditolak. Dari statistika deskriptif dan inferensial diperoleh kesimpulan bahwa bahwa kemampuan menelaah unsur dan kaidah kebahasaan teks drama dengan menggunakan model Discovery Learning memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan model Inquiry Learning; (4) Berdasarkan uji statistik diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,010 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel model Discovery Learning dalam menelaah unsur dan kaidah kebahasaan teks drama berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Selain itu juga diketahui nilai thitung sebesar > ttabel sebesar 2,776 dengan demikian, thitung sebesar > ttabel maka H0 diterima dan Ha ditolak, artinya signifikan. Selanjutnya diperoleh determinasi (R square) sebesar 0,216. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model Discovery Learning dalam pembelajaran menelaah unsur dan kaidah kebahasaan teks drama berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci : Menelaah unsur, kaidah teks kebahasaan, teks drama, berpikir kritis, Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 15 Nov 2022 06:55
Last Modified: 15 Nov 2022 06:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61248

Actions (login required)

View Item View Item