PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, DAN EXTENDING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KONEKSI MATEMATIS SERTA DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA

Yoga Khoirul Apandi, NPM : 188060046 (2022) PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, DAN EXTENDING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KONEKSI MATEMATIS SERTA DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Yoga Khoirul Apandi.docx

Download (648kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan pembelajaran CORE untuk meningkatkan kemampuan pemahaman, koneksi matematis dan disposisi matematis serta bagaimana korelasi antara kemampuan pemahaman dan koneksi matematis serta disposisi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode campuran tipe embedded dengan populasi seluruh siswa kelas X SMAN 1 Pasirkuda dan sampel diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan CORE lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan CORE lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (4) a. Terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman matematis siswa dengan kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran CORE. b. Terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman matematis siswa dengan disposisi matematis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran CORE. c. Terdapat hubungan antara kemampuan koneksi matematis siswa dengan disposisi matematis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran CORE. Kata kunci : CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending), Disposisi Matematis, Kemampuan koneksi Matematis, kemampuan Pemahaman Matematis.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 15 Nov 2022 04:49
Last Modified: 15 Nov 2022 04:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61245

Actions (login required)

View Item View Item