PENGARUH PERBANDINGAN TAPIOKA DENGAN JAMUR DAN KONSENTRASI NATRIUM BIKARBONAT (NaHCO3) TERHADAP KARAKTERISTIK SNACK JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus)

Lestari, Dwidya (2022) PENGARUH PERBANDINGAN TAPIOKA DENGAN JAMUR DAN KONSENTRASI NATRIUM BIKARBONAT (NaHCO3) TERHADAP KARAKTERISTIK SNACK JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Dwidya Lestari_163020221_Teknologi Pangan.pdf

Download (636kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbandingan tapioka dengan jamur dan konsentrasi natrium bikarbonat terhadap karakteristik snack jamur tiram putih. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan yang dilakukan yaitu analisis kadar protein dan kalsium pada jamur tiram putih segar. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah pola faktorial (3x3) dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan tiga kali ulangan. Rancangan perlakuan yang akan dilakukan pada penelitian ini terdiri dari dua faktor yaitu faktor perbandingan tapioka dengan jamur (A) yang terdiri dari 3 taraf yaitu 2:1, 1:1, dan 1:2 dan konsentrasi natrium bikarbonat (B) yang terdiri dari 3 taraf yaitu 1%, 1,5%, dan 2% sehingga diperoleh 27 satuan percobaan ulangan. Respon dalam penelitian ini meliputi respon organoleptik yang meliputi atribut warna, rasa, aroma, dan kerenyahan. Respon kimia yaitu kadar air, kadar protein, dan kalsium dan respon fisik yaitu volume pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan tapioka dengan jamur berpengaruh nyata terhadap warna, rasa, aroma, kerenyahan, kadar protein, kadar kalsium dan kadar air. Konsentrasi natrium bikarbonat berpengaruh nyata terhadap kerenyahan dan volume pengembangan. Interaksi antara perbandingan tapioka dengan jamur dan konsentrasi natrium bikarbonat berpengaruh terhadap terhadap kerenyahan dan volume pengembangan snack jamur tiram putih. Kata kunci: Snack, Tapioka, Jamur, Natrium Bikarbonat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2021
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 15 Nov 2022 03:42
Last Modified: 15 Nov 2022 03:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61241

Actions (login required)

View Item View Item