"PERBANDINGAN TEPUNG AMPAS TAHU DENGAN TAPIOKA DAN KONSENTRASI NATRIUM BIKARBONAT(NaHCO3) PADA KERUPUK SUBSTITUSI AMPAS TAHU"

Rosdiawan, Muhammad Trisnaldi (2022) "PERBANDINGAN TEPUNG AMPAS TAHU DENGAN TAPIOKA DAN KONSENTRASI NATRIUM BIKARBONAT(NaHCO3) PADA KERUPUK SUBSTITUSI AMPAS TAHU". Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Muhammad_Trisnaldi_Rosdiawan_173020179_Teknologi_Pangan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan tepung ampas tahu dengan tapioka dan konsentrasi natrium bikarbonat terhadap kerupuk substitusi ampas tahu. Manfaat dari penelitian mengenai perbandingan tepung ampas tahu dengan tapioka dan konsentrasi natrium bikarbonat terhadap kerupuk substitusi ampas tahu, diantaranya: (1) Menambah keanekaragaman produk berbahan dasar kedelai, (2) Mengurangi limbah hasil produksi tahu, (3) Meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Cibodas dan sekitarnya. Rancangan percobaan yang akan digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3 x 3 dengan ulangan sebanyak 3 kali untuk setiap kombinasi perlakuan yang dilanjutkan dengan uji Duncan. Variabel percobaan terdiri dari perbandingan ampas dengan tapioka (A) dengan variasi 1:5, 1:3, 1:1 dan konsentrasi natrium bikarbonat (N) dengan variasi 0,25%, 0,50%, 0,75%. Respon dalam penelitian ini meliputi kadar serat kasar, kadar protein, kadar air, kadar abu, volume pengembangan dan uji organoleptik terhadap rasa, kerenyahan, warna, dan aroma. Hasil penelitian bahwa perbandingan tepung ampas tahu dengan tapioka berpengaruh terhadap daya kembang, kadar air, kadar protein, kadar abu, kerenyahan, rasa, dan warna kerupuk substitusi ampas tahu. Konsentrasi natrium bikarbonat tidak berpengaruh terhadap daya kembang, kadar serat, kadar air, kadar protein, kadar abu, kerenyahan, rasa, warna, dan aroma kerupuk substitusi ampas tahu. Interaksi perbandingan tepung ampas tahu dengan tapioka dan konsentrasi natrium bikarbonat berpengaruh terhadap kadar air kerupuk substitusi ampas tahu. Perlakuan a1n3 (perbandingan tepung ampas tahu dengan tapioka sebesar 1:5 dan konsentrasi natrium bikarbonat sebesar 0,75%) adalah sampel terbaik dengan daya kembang sebesar 405,56%; kadar serat kasar 12,24 %; kadar protein 5,11 %; kadar air 1,49 %; kadar abu 1,80 % dan nilai organoleptik hedonik dengan kerenyahan 5,60(6-Sangat Suka); rasa 5,00(5-Suka); warna 4,68(5-Suka); dan aroma 3,63(4- Agak Suka). Kata Kunci: Kerupuk, Ampas Tahu, Tepung Ampas Tahu, Tapioka, Natrium Bikarbonat

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 15 Nov 2022 03:35
Last Modified: 15 Nov 2022 03:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61238

Actions (login required)

View Item View Item