PENERAPAN METODE ELECTRE PADA PEMBANGUNAN APLIKASI UNTUK REKOMENDASI PESERTA PELATIHAN KARYAWAN (STUDI KASUS: DIVISI NOC – PT.INDUSTRI KREATIF DIGITAL)

Puspita Dewi, Marlina and Dwi Agustin, Ririn and Somantri,, Asep (2022) PENERAPAN METODE ELECTRE PADA PEMBANGUNAN APLIKASI UNTUK REKOMENDASI PESERTA PELATIHAN KARYAWAN (STUDI KASUS: DIVISI NOC – PT.INDUSTRI KREATIF DIGITAL). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Marlina Puspita Dewi_173040073_Teknik Informatika.pdf

Download (665kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK PT Industri Kreatif Digital adalah perusahaan yang memiliki sistem dengan kompleksitas yang cukup luas dimana ada beberapa divisi didalamnya. Sebuah perusahaan dengan sumber daya manusia di sebuah divisi membutuhkan peningkan kualitas demi mengembangkan usaha yang ada salah satunya divisi NOC (Network Operation Center). Peningkatan kualitas karyawan dilakukan dengan penilaian untuk rekomendasi setiap karyawan yang berhak mengikuti pelatihan yang memiliki kriteria masing-masing penilaian, hal ini berlaku pada divisi NOC di PT Industri Kreatif Digital. Divisi NOC dalam pemilihan peserta pelatihan karyawan membutuhkan aplikasi untuk rekomendasi peserta pelatihan karyawan dikarenakan kurangnya akurat penilaian pelatihan, mengingat banyaknya karyawan pada divisi NOC serta belum tersedianya media penunjang yang digunakan sebagai instrument penilaian pada divisi NOC. Penelitian ini dilakukan untuk membuat penerapan metode electre pada pembangunan aplikasi untuk rekomendasi peserta pelatihan karyawan di divisi NOC dengan mengurangi permasalahan penilaian yang memiliki permasalahan seperti karyawan yang sudah pernah mengikuti pelatihan tidak diperkanankan untuk mengikuti pelatihan kembali. Dengan metode pengumpulan penelitian yang digunakan adalah wawancara, kuisioner, observasi untuk mendapatkan penilaian yang lebih akurat. Perangkat lunak yang digunakan adalah metode Waterfall yang merupakan bagian dari System Development Life Cycle (SDLC). Pemodelan proses bisnis menggunakan Unified Modeling Language (UML). Dan metode electre digunakan untuk penerapan pada pembangunan aplikasi rekomendasi peserta pelatihan karyawan dengan proses perangkingan atau memilih alternatif terbaik berdasarkan pada hubungan outranking. Sistem pendukung keputusan ini dibangun menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySQL. Hasil akhir penelitian ini yaitu sistem pendukung keputusan rekomendasi peserta pelatihan karyawan dengan proses pemilihan berdasarkan penilaian divisi NOC, penyelesaian tugas serta kehadiran karyawan yang diimplementasikan menggunakan metode electre, bahasa pemrograman PHP, dan database MySQL. Dengan adanya aplikasi ini dapat mengurangi permasalahan penilaian pelatihan karyawan pada divisi NOC di PT Industri Kreatif Digital. Kata Kunci: Pembangunan Aplikasi, rekomendasi, Pelatihan Karyawan, Waterfall, Electre, UML

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 15 Nov 2022 03:32
Last Modified: 15 Nov 2022 03:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61236

Actions (login required)

View Item View Item