PENGARUH PERLAKUAN SUHU PENYIMPANAN TERHADAP KARAKTERISTIK KULIT MACARON DENGAN MENGGUNAKAN PEWARNA BUNGA TELANG (Clitoria ternatea L.)

Safitri, Evi Febriliani (2022) PENGARUH PERLAKUAN SUHU PENYIMPANAN TERHADAP KARAKTERISTIK KULIT MACARON DENGAN MENGGUNAKAN PEWARNA BUNGA TELANG (Clitoria ternatea L.). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
EVI FEBRILIANI S_163020207_Tek Pangan.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perlakuan suhu penyimpanan terhadap karakteristik kulit macaron dengan menggunakan pewarna bunga telang. Penelitian dibagi dalam dua tahap yaitu penelitian tahap I dan penelitian tahap II. Penelitian tahap I dilakukan untuk menentukan formulasi yang akan digunakan dalam penelitian tahap II dengan membandingkan intensitas warna dan tingkat kesukaan konsumen. Pada penelitian tahap II dilakukan untuk mengetahui pengaruh perlakuan suhu penyimpanan terhadap karakteristik kulit macaron menggunakan pewarna bunga telang yang terpilih. Pengolahan data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana. Adapun faktor yang digunakan adalah suhu yang terdiri dari 25OC, 35OC, 45OC. Respon pada penelitian ini meliputi respon fisik (intensitas warna), kimia (kadar air) dan mikrobiologi (jumlah mikroba). Hasil penelitian tahap II menunjukan bahwa terdapat pengaruh perlakuan suhu penyimpanan. Hubungan yang kuat positif terdapat pada karakteristik intensitas warna nilai L* pada suhu 25°C, 35°C. Hubungan yang sangat kuat positif terdapat pada karakteristik intensitas warna nilai L* suhu 45°C, terhadap nilai b*, nilai kadar air, dan nilai jumlah mikroba di semua suhu. Hubungan yang cukup kuat negatif terdapat pada karakteristik intensitas warna nilai a* pada suhu 25°C. Hubungan yang sangat kuat negatif terdapat pada karakteristik intensitas warna nilai a pada suhu 35°C dan 45°C. Kata kunci : perlakuan penyimpanan, kulit macaron, bunga telang, regresi linier sederhana.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 15 Nov 2022 03:29
Last Modified: 15 Nov 2022 03:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61235

Actions (login required)

View Item View Item