POLA KOMUNIKASI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI DI SLBN-B GARUT

Valina Dwi Pangestu Sudrajat, 182050225 (2022) POLA KOMUNIKASI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI DI SLBN-B GARUT. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “POLA KOMUNIKASI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI DI SLBN-B GARUT”. Kemunculan pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi sektor pendidikan. Kebijakan bermunculan akibat adanya pandemi ini. Kebijakan ini tentunya berdampak pada sistem pendidikan di Indonesia termasuk berdampak bagi SLBN-B Garut. Sekolah Luar Biasa (SLBN-B) Garut merupakan sekolah spesial yang diperuntukan kepada anak berkebutuhan khusus guna memperoleh pendidikan formal. Anak berkebutuhan khusus tetaplah seorang anak yang tentunya sama seperti anak normal lainnya yang membutuhkan pendidikan formal supaya bisa beradaptasi dengan masyarakat luar. Terpenuhinya pendidikan dari siswa ini diharapkan siswa mampu mandiri terhadap dirinya sendiri. Proses pembelajaran yang terjadi tentunya membutuhan interaksi antara Guru dan siswa. Interaksi simbolik membantu terjalinnya komunikasi antara keduanya. Interaksi simbolik adalah aktivitas yang menjadi ciri manusia, yaitu komunikasi atau pertukaran simbol yang diberi makna. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Interaksi Simbolik penemuan George Herbert Mead. Berdasarkan dari teori interaksi simbolik setiap proses komunikasi lebih dominan menggunakan non verbal. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam bersama satu informan Ahli, delapan informan inti dan satu informan pendukung. Observasi dan dokumentasi juga menjadi cara mengumpulkan data yang dilakukan oleh peneliti. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi interpersonal antara Guru dan Siswa menggunakan model Pola komunikasi primer yaitu dengan menerapkan komunikasi verbal maupun non verbal. Penerapan komunikasi menekanan pada bahasa isyarat, tulisan dan bicara dengan artikulasi yang jelas dan secara perlahan. Kata Kunci : Pola Komunikasi, Komunikasi Primer, Guru, ABK, Komunikasi Verbal, Komunikasi Non verbal.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 15 Nov 2022 02:47
Last Modified: 15 Nov 2022 02:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61228

Actions (login required)

View Item View Item