IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERENCANA (KB) DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN SOSIAL KELUARGA DI KELURAHAN KEBONLEGA KOTA BANDUNG

INDRI SALSA CAMELIA, 182020044 (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERENCANA (KB) DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN SOSIAL KELUARGA DI KELURAHAN KEBONLEGA KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Keluarga ialah pilar utama dalam membangun bangsa karena kualitas hidup keluarga merupakan cerminan dari kualitas hidup bangsa. Semakin baik ketahanan keluarga tersebut, semakin berkualitas pula hidup suatu bangsa. Keluarga memiliki peran langsung untuk bisa mewujudkan sikap atau fungsi cinta dan kasih serta merupakan pijakan untuk perkembangkan dan menyalurkan potensi setiap anggota keluarga karena setiap keluarga akan memiliki masalah yang berbeda, sehingga diperlukan penanganan masalah yang berbeda. Meski demikian, hal ini dapat diminimalisir jika setiap keluarga memiliki perencanaan keluarga yang baik untuk mewujudkan ketahanan keluarga. Maka diperlukan adanya perhatian terhadap ketahanan keluarga di masyarakat agar pengelompokan fungsi dan peran dari masing-masing anggota kelarga berjalan dengan baik, mulai dari ayah, ibu hingga anak-anak. Program Kampung Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu program yang dirancang demi menciptakan kemajuan, kestabilan, dan kesejahteraan ekonomi, sosial, serta spiritual setiap penduduknya. Kampung KB ini menekankan pada pentingnya penguatan kesejahteraan dan ketahanan keluarga. Salah satu Kampung KB yang sedang aktif berjalan yaitu Kampung KB Ceria yang berada di Kelurahan Kebonlega Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program Kampung KB dalam meningkatkan ketahanan sosial keluarga di Kelurahan Kebonlega Kota Bandung, mendeskripsikan upaya dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan program Kampung KB dan mendeskripsikan implikasi pekerja sosial dalam implementasi program Kampung KB dalam meningkatkan ketahanan sosial keluarga di Kelurahan Kebonlega Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus dan dengan teknik pemilihan informan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi non-partisipan dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai implementasi program Kampung KB dalam meningkatkan ketahanan sosial keluarga di Kelurahan Kebonlega Kota Bandung menunjukan bahwa Kampung KB di Kelurahan Kebonlega berupaya dalam meningkatkan ketahanan sosial keluarga melalui kegiatan sosial dan kegiatan keagamaan. Dalam pelaksanaan program Kampung KB ini, ditemukan hambatan baik dari internal maupun dari eksternal. Walaupun begitu, Kampung KB dapat mengatasi beberapa hambatan yang dialaminya sehingga program ini masih berjalan hingga kini. Adapun implikasi praktik pekerjasosial dalam pelaksanaan program Kampung KB dalam meningkatkan ketahanan sosial keluarga ini adalah sebagai penghubung, mediator, pendidik dan pemercepat perubahan. Kata Kunci : Kampung KB, Keluarga, Ketahanan sosial keluarga, Pembangunan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:29
Last Modified: 14 Nov 2022 03:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61181

Actions (login required)

View Item View Item