PENGARUH PERBANDINGAN DAUN KELOR (Moringa oleifera) DENGAN DAUN CHAYA (Cnidoscolus aconitifolius) DAN KONSENTRASI KARAGENAN TERHADAP KARAKTERISTIK SNACK NORI

Dimas Maharsa, Zaki and Suliasih,, Neneng and Inayah,, Istiyati (2022) PENGARUH PERBANDINGAN DAUN KELOR (Moringa oleifera) DENGAN DAUN CHAYA (Cnidoscolus aconitifolius) DAN KONSENTRASI KARAGENAN TERHADAP KARAKTERISTIK SNACK NORI. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
M Zikri Alhaq_173040027_Teknik Informatika.pdf

Download (335kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daun kelor dengan daun chaya terhadap karakteristik Snack nori, serta sebagai produk diversifikasi yang dapat meningkatkan nilai guna bagi masyarakat. Maksud penelitian adalah untuk membuat suatu perencanaan mengenai penelitian dalam mengembangkan daun kelor dengan daun chaya menjadi produk Snack nori. Rancangan percobaan yang akan digunakan pada penelitian ini yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan dua faktor. Faktor 1 terdiri dari 3 taraf dan faktor 2 terdiri dari 3 taraf sehingga diperoleh 9 kombinasi perlakuan. Setiap perlakuan dilakukan 3 kali ulangan sehingga kombinasi total 27 satuan percobaan. Perbandingan daun kelor dengan daun chaya berpengaruh terhadap respon kimia kadar serat dan kadar air, respon organoleptik rasa dan kerenyahan tetapi tidak berpengaruh terhadap respon organoleptik warna dan aroma. Konsentrasi karagenan berpengaruh terhadap respon kimia kadar air dan kadar serat, respon organoleptik rasa dan kerenyahan tetapi tidak berpengaruh terhadap respon organoleptik warna dan aroma. Interaksi antara perbandingan daun kelor dengan daun chaya dan konsentrasi karagenan berpengaruh terhadap respon kimia kadar air dan kadar serat, respon organoleptik rasa dan kerenyahan tetapi tidak berpengaruh terhadap warna dan aroma. Perlakuan terpilih penelitian utama adalah perlakuan a2b3 (perbandingan daun kelor dengan daun chaya 1:2 dan konsentrasi karagenan 3%) dengan kadar air sebesar 3,09%, kadar serat sebesar 7,71%, aktivitas antioksidan IC50 sebesar 222,90 ppm, nilai uji higroskopisitas sebesar 0,05%, dan kadar protein sebesar 14,344%. Kata kunci: Daun Kelor, Daun Chaya, Karagenan, Snack Nori.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 12 Nov 2022 03:46
Last Modified: 12 Nov 2022 03:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61153

Actions (login required)

View Item View Item