RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN KESEHATAN DI PUSKESMAS CANGKUANG UPTD KESEHATAN KABUPATEN BANDUNG

AI HASANAH SYAFAAT, NPM : 188020121 (2022) RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN KESEHATAN DI PUSKESMAS CANGKUANG UPTD KESEHATAN KABUPATEN BANDUNG. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Ai Hasanah Syafaat.doc

Download (471kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Rancangan Strategis Pemasaran Kesehatan di Puskesmas Cangkuang UPDT Kesehatan Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan wawancara disertai dengan teknik observasi dan kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa faktor-faktor internal yang menjadi kekuatan atau kelemahan dan faktor-faktor eksternal yang menjadi peluang atau ancaman di Puskesmas Cangkuang, yaitu faktor internal meliputi organisasi, sumber daya manusia, sarana prasarana, dana, dan pembiayaan kesehatan, sedangkan faktor eksternal meliputi pemerintah, masyarakat, asuransi kesehatan, undang-undang dan peraturan, kondisi ekonomi daerah, perkembangan teknologi kesehatan, perkembangan teknologi informasi, tingkat inflasi, dan nilai kurs serta persaingan antar fasilitas kesehatan tingkat pertama. Posisi Puskesmas Cangkuang berdasarkan diagram analisis SWOT terletak pada Kuadran I yaitu strategi agresif, dimana Puskesmas Cangkuang berada pada posisi strategi merupakan posisi yang sangat menguntungkan, mempunyai peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada secara maksimal. Kata Kunci : Strategi dan Program Pemasaran Pelayanan Kesehatan, Kunjungan Pasien, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 12 Nov 2022 02:26
Last Modified: 12 Nov 2022 02:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61141

Actions (login required)

View Item View Item