LANA, SRI RAHAYU, 185050039 (2022) PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover Skripsi .pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indo Skripsi .pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda Skripsi .pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1 Skripsi .pdf Download (244kB) | Preview |
|
Text
Bab 3 Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
||
Text
Bab 4 Skripsi .pdf Restricted to Repository staff only Download (861kB) |
||
Text
Bab 5 Skripsi .pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka .pdf Download (137kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP yang memperoleh model Problem-based Learning berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran biasa, 2) pencapaian self-concept siswa SMP yang memperoleh model Problem-based Learning berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran biasa, 3) korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-concept siswa SMP yang memperoleh model Problem-based Learning berbantuan Geogebra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 10 Nopember 1945 tahun ajaran 2022 sebanyak dua kelas dengan jumlah sampel 72 siswa yaitu 36 siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model Problem-based Learning berbantuan Geogebra dan 36 siswa kelas VIII-B sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran biasa yaitu model Problem-based Learning. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket self-concept. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan iiiodeliiitic deskriptif dan iiiodeliiitic inferensial dengan bantuan Software SPSS 24 fow Windows. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, didapat kesimpulan: 1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP yang memperoleh model Problem-based Learning berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran biasa; (2) pencapaian self-concept siswa SMP yang memperoleh model Problem-based Learning berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-concept siswa SMP yang memperoleh model Problem-based Learning berbantuan Geogebra. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self-concept, Model Problem-based Learning, Geogebra.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2002 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 03:19 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 03:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61088 |
Actions (login required)
View Item |