PENGUJIAN STABILITAS MINUMAN SERBUK PROBIOTIK SARI BUAH TERUNG BELANDA (Solanum betaceum Cav.) SELAMA PENYIMPANAN DAN DALAM SIMULASI SISTEM PENCERNAAN

Permata Surya, Shofy and Inayah,, Istiyati and Yelliantty, ds (2022) PENGUJIAN STABILITAS MINUMAN SERBUK PROBIOTIK SARI BUAH TERUNG BELANDA (Solanum betaceum Cav.) SELAMA PENYIMPANAN DAN DALAM SIMULASI SISTEM PENCERNAAN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Shofy Permata Surya_173020163_Teknologi Pangan.pdf

Download (657kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui stabilitas produk minuman serbuk probiotik sari buah terung belanda (Solanum betaceum cav.) selama masa penyimpanan dan dalam simulasi sistem saluran pencernaan. Manfaat dari penelitian ini adalah menghasil produk minuman probiotik yang memiliki stabilitas yang tinggi selama masa penyimpanan serta viabilitas probiotik yang tinggi dalam simulasi saluran pencernaan Pembuatan produk dilakukan dengan menggunakan metode mikroenkapsulasi dengan campuran maltodekstrin dan inulin sebagai enkapsulan. Produk disimpan pada suhu 25°C dan RH sebesar 63% dengan parameter higroskopisitas, kadar air dengan metode gravimetri, analisis warna dengan colorimetri dan viabilitas mikroorganisme metode total plate count (TPC) serta mengetahui viabilitas probiotik produk pada simulasi sistem saluran pencenaan dengan parameter viabilitas terhadap simulasi cairan ludah, simulasi cairan lambung dan simulasi cairan empedu secara in vitro dengan menggunakan metode total plate count (TPC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk minuman serbuk probiotik sari buah terung belanda (Solanum betaceum cav.) memiliki stabilitas yang tidak stabil, dimana parameter yang diujikan ialah higroskopisitas, warna, dan kadar air. Sedangkan untuk parameter viabilitas mikroorganisme produk tidak stabil selama masa penyimpanan. Probiotik minuman serbuk sari buah terung belanda memiliki viabilitas yang tinggi terhadap simulasi saluran sistem pencernaan. Kata Kunci : Probiotik, Terung Belanda, Stabilitas, Penyimpanan, Viabilitas, Saluran pencernaan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 11 Nov 2022 03:13
Last Modified: 11 Nov 2022 03:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61087

Actions (login required)

View Item View Item