PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMA

AZIZAH, SILVIA NUR, 185050014 (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover-1.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak B.Indo.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak B.Ingg.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak Sunda.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (778kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img]
Preview
Text
18. Daftar Pustaka.pdf

Download (378kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-regulated learning merupakan hal yang penting yang harus dimiliki oleh peserta didik. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat membantu mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-regulated learning peserta didik yaitu model discovery learning berbantuan GeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang memperoleh model discovery learning berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) mengetahui apakah pencapaian self-regulated learning peserta didik yang memperoleh model discovery learning berbantuan GeoGebra lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) mengetahui korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-regulated learning peserta didik yang memperoleh model discovery learning berbantuan GeoGebra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttes control grup. Subjek pada penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Patokbeusi tahun ajaran 2021/2022. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematis dan selfregulated learning. Untuk sampel penelitian diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan perlakukan model discovery learning berbantuan GeoGebra dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan perlakuan model konvensional dalam hal ini model discovery learning. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal uraian tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan skala angket self-regulated learning. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan software SPSS Statistic 17.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang memperoleh model discovery learning berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Self-regulated learning peserta didik yang memperoleh model discovery learning berbantuan GeoGebra lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematis dengan self-regulated learning yang memperoleh model discovery learning berbantuan GeoGebra. Kata Kunci: GeoGebra, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Discovery Learning, Self-Regulated Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:49
Last Modified: 11 Nov 2022 02:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61081

Actions (login required)

View Item View Item