ANALISIS EFEKTIVITAS MESIN PADA STASIUN BOILER MENGGUNAKAN METODE OVERALL EQUIEPMENT EFFECTIVINESS (OEE) ( STUDI KASUS : PT.THEP (Tata Hamparan Eka Persada)

BADALI, MUHAMAD AMIN and Mety Zalynda, Putri (2022) ANALISIS EFEKTIVITAS MESIN PADA STASIUN BOILER MENGGUNAKAN METODE OVERALL EQUIEPMENT EFFECTIVINESS (OEE) ( STUDI KASUS : PT.THEP (Tata Hamparan Eka Persada). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Laporan Tugas Akhir _Muhamad Amin Badali 183010078_Repository.pdf

Download (758kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK PT.THEP(Tata Hamoparan Eka Persada) melakukan peningkatan produktivitas dengan mengukur efektifitas Mesin dan peralatan pada stasiun boiler dalam proses produksinya. Peningkatan produktifitas dapat dilakukan dengan melakukan pengukuran Efektifitas mesin atau peralatan pada proses produksi di PT.THEP. Perusahaan ini bergerak dibidang manufaktur dengan hasil produksinya Berupa Cruide Palm Oil(CPO). Perusahaan ini dalam proses produksinya melibatkan 11 Stasiun produksi. Salah satu stasiun yang menjadi permasaahan yaitu stasiun Boiler yang memiliki waktu downtime yang relative tinggi dibandingkan 10 stasiun produksi lainnya.hal itu menyebabkan tidak tercapainya target produksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas mesin pada stasiun boiler untuk mencari penyebabyang paling berpengaruh terhadap penurunan efektifitas mesin dengan menggunakan metode OEE(Overall Equiepment effectiviness)berdasarkan faktor utama availabality, Performance efficiency dan quality rate , dalam perhitungan OEE. Dari hasil perhitungan Nilai OEE pada mesin distasiun boiler selama pengolahan ditahun 2021 yaitu terdapat 4 mesin yang masih belum memenuhi standar nilai OEE world class 85% dan dikategorikan Normal dan dikatakan produksi masih dianggap wajar tetapi menunjukan terdapat ruang yang besar bagi perusahaan untuk melakukan Improvement. Faktor yang paling mempengaruhi Nilai OEE yaitu faktor Idlingand minor stoppage Losses dan Reduced speed Losses hal ini perlu adanya perbaikan untuk meningkatkan efektifitas mesin pada stasiun Boiler PT.THEP(Tata Hamparan Eka Persada) Kata Kunci: OEE (Overall Equipment Effectiveness), Six Big Losses, Stasiun Boiler.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2011
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:52
Last Modified: 11 Nov 2022 02:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61080

Actions (login required)

View Item View Item