MUHAROM WIJAYA, WAHYU and Fathoni Ishak, Riza (2022) PEMILIHAN MEDIA DIGITAL DALAM MELAKUKAN PROMOSI DAN PENJUALAN PRODUK DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS : ECOPRINT JARI HITAM). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
|
Text
Wahyu Muharom Wijaya_173010096_Teknik Industri.pdf Download (864kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Dalam melakukan promosi dan penjualan produk saat ini sangat membutuhkan ecommerce untuk membantu meningkatkan kualitas penjualan, terlebih lagi saat ini pengguna e-commerce mengalami peningkatan jauh terutama di Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada April 2021 lalu mencatat terdapat 88,1% pengguna internet di Indonesia telah menggunakan jasa e-commerce untuk membeli suatu produk. Ecoprint Jari Hitam merupakan suatu UMKM yang bergerak pada bidang fashion, dengan menghasilkan produk seperti pakaian laki-laki, pakaian Wanita, tas, sepatu, jaket, syal dan dompet. Sampai saat ini UMKM belum memiliki e-commerce yang layak untuk meningkatkan kualitas pemasaran dan penjualan produk. Metode penelitian ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan terdapat 5 kriteria kualitas pelayanan dan 12 subkriteria, kriteria Responsiveness memperoleh bobot yang tertinggi yaitu (0,322), kemudian Efficiency (0,212), Privacy (0,165), Kontak (0,157), dan yang terakhir terdapat kriteria Reliabilitas dengan bobot (0,144). Sedangkan alternatif e-commerce yang unggul adalah Shopee dengan total bobot 5,653. Kata Kunci : E-commerce, Responsiveness, Efficiency, Privacy, Kontak, Reliabilitas, Metode Analytical Hierarchy Process.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022 |
Depositing User: | Ms sri - |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 07:46 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 07:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61062 |
Actions (login required)
View Item |