ANALISIS PENTINGNYA KOMPONEN CADANGAN (KOMCAD) DALAM UPAYA PERTAHANAN NEGARA (Studi Kasus di Kementerian Pertahanan Republik Indonesia)

MOZARESCA, RISMA, 185010011 (2022) ANALISIS PENTINGNYA KOMPONEN CADANGAN (KOMCAD) DALAM UPAYA PERTAHANAN NEGARA (Studi Kasus di Kementerian Pertahanan Republik Indonesia). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview
Official URL: https://repository.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa penting Komponen Cadangan dalam membantu upaya pertahanan negara. Kementerian Pertahanan selaku instansi pemerintahan yang ditugaskan untuk dapat mengatur sistem pertahanan negara agar dapat tetap terjaga kedaulatannya, melihat kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi di jaman sekarang perang tidak hanya terjadi di sektor militer saja akan tetapi dapat terjadi seperti perang biologis, syber, dan masih banyak yang lainnya. Dalam upaya meningkatkan sistem pertahanan negara agar tetap terjaga kedaulatannya Kementerian Pertahanan membentuk Komponen Cadangan yang ditugaskan untuk dapat membantu Komponen Utama dalam menjaga pertahanan negara. Pentingnya Komponen Cadangan dalam membantu sektor pertahanan negara menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian ini dengan menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan melakukan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber yang dilibatkan dalam penelitian ini diantaranya adalah staf bidang Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan anggota Komponen Cadangan. Berdasarkan hasil penelitian menujukan bahwa Komponen Cadangan dapat membantu menjaga sistem pertahanan negara, karena anggota Komponen Cadangan adalah masyarakat sipil yang sudah ikut melaksanakan pendidikan latihan dasar kemiliteran yang dimana materi pendidikan tersebut memberikan wawasan mengenai bagaimana cara menjaga sisitem pertahanan negara, selain itu anggota Komponen Cadangan dibekali ilmu keprajuritan yang dimana akan sangat berguna untuk diimplementasikan dalam membantu Komponen Utama atau TNI dalam menjaga keutuhan pertahanan negara jika terjadi perang. Kata Kunci: Komponen Cadangan, Pertahanan Negara

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 10 Nov 2022 06:57
Last Modified: 10 Nov 2022 06:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61053

Actions (login required)

View Item View Item