ANALISIS POSTUR TUBUH PADA TERAPIS GIGI DAN MULUT YANG BEKERJA DI PUSKESMAS DI WILAYAH KABUPATEN BOGOR MENGGUNAKAN METODE MANUAL TASK RISK ASESSMENT (MANTRA)

Yusa Fikry, Haikal and Maulana Pribadi, H.R. Erwin (2022) ANALISIS POSTUR TUBUH PADA TERAPIS GIGI DAN MULUT YANG BEKERJA DI PUSKESMAS DI WILAYAH KABUPATEN BOGOR MENGGUNAKAN METODE MANUAL TASK RISK ASESSMENT (MANTRA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Haikal Yusa FIkry_183010011_Teknik Industri.pdf

Download (802kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Terapis Gigi dan Mulut merupakan salah satu tenaga kesehatan yang kompeten di bidang promosi dan pencegahan serta memiliki kemampuan untuk bekerja sama dengan tenaga kesehatan lainnya untuk memperbaiki masalah gigidan mulut. Adapun pekerjaan terapis gigi dan mulut yaitu pencabutan gigi dan juga penambalan gigi, dalam penelitian ini berfokus terhadap terapis gigi dan mulut yang bekerja di puskesmas diwilayah kabupaten Bogor. Dalam melakukan pekerjaannya terapis gigi dan mulut berfokus terhadap penyakit gigi dan mulut yang dialami oleh pasien, namun kurang memperhatikan kesehatan fostur tubuhnya sendiri dan mengalami keluhan nyeri otot atau Musculoskeletal disorders (MSDs) pada beberapa bagian tubuhnya, data ini didapatkan berdasarkan kuisioner Nordic Body Map (NBM) dan didapat dikategorikan dengan keluhan yang beresiko tinggi dan paling dominan terletak pada pergelangan tangan, punggung, leher bagian atas, dan betis kanan. Selanjutnya dalam penelitian ini untuk mengetahui penyebab terjadinya keluhan dan untuk memastikan apakah benar pada bagian tubuh tersebut beresiko tinggi dilakukan observasi dengan menggunakan metode Manual Task Risk Asessment (ManTra). Dan didapatkan skor yang melebihi batas skor yaitu lima belas dan dapat didapat dikatakan beresiko mengalami cedera dan penyebab dari keluhan yang dirasakan disebabkan oleh total waktu bekerja, durasi, waktu siklus melakukan pekerjaan, kekuatan, kecepatan,kekakuan, getaran, sehingga diperlukan perbaikan. Kata Kunci: Terapis Gigi dan Mulut,Fostur Tubuh, Musculoskeletal Disorders, Nordic Body Map (NBM), Manual Task Risk Asessment (ManTra).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:49
Last Modified: 10 Nov 2022 03:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61038

Actions (login required)

View Item View Item