PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG UMBI ILES-ILES (Amorphophallus muelleri) DENGAN TEPUNG BERAS (Oryza sativa L.) TERHADAP KARAKTERISTIK KUE GAPIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus undatus)

Sifa Akmarina, Reflina and Sutisna Achyadi, Nana and Endah Rohima, Ira (2022) PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG UMBI ILES-ILES (Amorphophallus muelleri) DENGAN TEPUNG BERAS (Oryza sativa L.) TERHADAP KARAKTERISTIK KUE GAPIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus undatus). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Reflina Sifa Akmarina_163020204_Teknologi Pangan.pdf

Download (275kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Kue gapit merupakan kue tradisional khas indonesia yang asal mulanya dari cirebon Jawa Barat. Nama gapit diambil dari proses pencetakan yakni adonan yang sudah jadi digapit oleh dua lempeng besi di atas pembakaran dan memiliki bentuk bermacam-macam seperti kipas,persegi,kotak dan juga ada yang digulung Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbandingan tepung iles-iles dengan tepung beras terhadap konsentrasi kue gapit puree buah naga. Rancangan percobaan yang dilakukan yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) factorial yang terdiri dari satu factor, factor perbandingan tepung iles-iles dengan tepung beras yang terdiri dari 6 taraf yaitu : a1 (2:3), a2 (1:4), a3(4:1), a4(0:5), a5 (5:0), a6(3:2).respon yang diukur dalam penelitian ini terdiri dari respon kimia yang terdiri dari kadar karbohidrat dengan kadar air sedangkan untuk respon organoleptic dilakukan uji hedonic yang terdiri atas atribur aroma, rasa, serta warna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan tepung iles-iles dengan tepung beras berpengaruh nyata terhadap kadar air, kadar karbohidrat dan warna, namun tidak berpengaruh nyata terhadap aroma serta rasa. Kata kunci: Kue Gapit, Tepung iles-iles, Tepung Beras.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 10 Nov 2022 01:57
Last Modified: 10 Nov 2022 01:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61023

Actions (login required)

View Item View Item