INOVASI PENAMBAHAN FITUR CHAT BOOKING HOTEL PADA E-COMMERS OYO HOTEL MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING DAN COGNITIVE ERGONOMIC (STUDI KASUS : e-commers Oyo hotel)

Fadhlurrahman Alsis, Anka and Maulana Pribadi, H.R. Erwin (2022) INOVASI PENAMBAHAN FITUR CHAT BOOKING HOTEL PADA E-COMMERS OYO HOTEL MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING DAN COGNITIVE ERGONOMIC (STUDI KASUS : e-commers Oyo hotel). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Anka Fadhlurrahman A_183010170_Teknik Industri.pdf

Download (282kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Untuk mendukung suatu aplikasi, fasilitas sistem informasi sangatlah penting. Adanya fasilitas sistem informasi yang baik, maka proses penjualan dapat berjalan dengan lebih efektif. Inovasi bisa dimaknai sebagai penciptaan konsep atau teknologi baru yang terjadi secara kebetulan atau "trial error" dengan tujuan memenuhi suatu perbaikan berkelanjutan. Kurangnya sarana informasi mengenai pemesanan kamar pada aplikasi Oyo membuat pengguna sulit mendapatkan informasi lebih terkait kamar yang dipesan. Oleh karena itu dengan adanya perkembangan teknologi saat ini, peneliti berinovasi untuk merancang fitur chat dua arah. Namun pada penelitian ini peneliti hanya membuat design prototype dengan menggunakan metode pendekatan design thinking yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Peneliti melakukan empati, observasi, dan mengidentifikasi masalah-masalah yang dialami pengguna dan pihak hotel, sehingga peneliti menemukan solusi dari permasalahan yang ada yaitu merancang prototype fitur chat menggunakan implementasi kognitif ergonomi. Hal tersebut dilakukan supaya pengguna nyaman ketika menggunakan fitur chat dan memudahkan dalam mendapatkan suatu informasi tentang kamar yang dipesan, serta bisa langsung menanyakannya pada pihak hotel secara real-time. Prototype yang telah dibuat juga telah diuji kepada 50 responden dengan menggunakan System Usability Scale (SUS). Dari perhitungan yang telah dilakukan, prototype fitur chat aplikasi Oyo mendapatkan nilai 71,15 yang dimana masuk dalam kategori Acceptable. Yang artinya pengguna dapat menerima adanya sistem informasi fitur chat dua arah. Sehingga diharapkan prototype berikut ini dapat dikembangkan dan diterapkan pada aplikasi Oyo sehingga membuat tingkat kepercayaan pemesanan pelanggan terhadap aplikasi Oyo juga akan meningkat. Kata Kunci : Inovasi, Fitur Chat, Design Thinking, Ergonomi Kognitif, System Usability Scale

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 09 Nov 2022 08:00
Last Modified: 09 Nov 2022 08:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61012

Actions (login required)

View Item View Item