ANALISIS KONSEP SILIH ASAH, SILIH ASIH, SILIH ASUH DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PERSATUAN DAN KESATUAN DI MASYARAKAT KAMPUNG SUKAWANA (Studi Kasus Di Kampung Sukawana Desa Karyawangi Kabupaten Bandung Barat)

Ikbal, Dede, 185010047 (2022) ANALISIS KONSEP SILIH ASAH, SILIH ASIH, SILIH ASUH DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PERSATUAN DAN KESATUAN DI MASYARAKAT KAMPUNG SUKAWANA (Studi Kasus Di Kampung Sukawana Desa Karyawangi Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas tentang hubungan antara kearifan lokal Sunda, yaitu pandangan orang Sunda mengenai kehidupan yang berkonsep Silih Asah, Silih Asih, dan Silih Asuh, dengan Pancasila sebagai ideologi dan falsafah negara, khususnya Pancasila sila ke-3, yaitu "Persatuan Indonesia". Konsep kearifan lokal yang berbunyi Silih Asih, Silih Asah, dan Silih Asuh ini memiliki makna yaitu saling asah (belajar), asih (peduli), dan asuh (menyayangi). Makna ini pun memiliki pesan tersirat dalam menumbuhkan persatuan dan kesatuan, konsep ini menanamkan sifat persatuan dan kesatuan pada tiap- tiap individu. Judul penelitian ini adalah Analisis Konsep Silih Asah, Silih Asih dan Silih Asuh. Kemudian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui hubungan antara persatuan dan kesatuan, dengan kearifan lokal Sunda, Silih Asah, Silih Asih, dan Silih Asuh. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode deskriptif atau content analysis. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil yang peneliti peroleh dari penelitian ini adalah ada kaitan dari budaya Silih Asih, Silih Asah, dan Silih Asuh dalam mrnumbuhkan persatuan dan kesatuan yang dapat dilihat dari kesamaan makna dan tujuannya Keduanya memiliki makna untukmenjunjung tinggi kebersamaan, persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Lalu, keduanya juga memiliki tujuan untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat yang harmonis. Terakhir, manfaat yang bisa didapatkan dari penelitian ini adalah masyarakat dapat mengimplementasikan budaya Silih Asah, Silih Asih, dan Silih Asuh yang berkaitan menumbuhkan persatuan dan kesatuan dikehidupan seharihari masyarakat kampung sukawana. Kata Kunci: Peran, Karifan local sunda, menumbuhkan persatuan dan kesatuan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 09 Nov 2022 07:37
Last Modified: 09 Nov 2022 07:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61007

Actions (login required)

View Item View Item