IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR, MENGATASI KECEMASAN MATEMATIS DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X

ASO JUHARSO, NPM. 138060036 (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR, MENGATASI KECEMASAN MATEMATIS DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X. Skripsi(S1) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only until 2015.

Download (53kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only until 2015.

Download (97kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only until 2015.

Download (21kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar, kemandirian belajar, dan kecemasan matematis peserta didik MAN Cipasung Kabupaten Tasikmalaya merupakan permasalahan yang menuntut guru untuk dapat menciptakan dan menerapkan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang lebih menarik lagi bagi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control grup design. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan studi yang berfokus pada implementasi model pembelajaran yang diduga dapat mengembangkan kemandirian belajar, mengatasi kecemasan matemais, dan meningkatkan hasil belajar, peserta didik serta mengetahui hubungan antara kemandirian belajar, kecemasan matematis, dan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN Cipasung Kabupaten Tasikmalaya tahun pelajaran 2014/2015 dengan sampel diambil secara acak (Random Class) sebanyak dua kelas. Satu kelas diberikan perlakuan dengan pembelajaran menggunakan model tutor sebaya dan kelas yang lain dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, angket kemandirian belajar dan angket kecemasan matematis. Berdasarkan pengolahan dan analisis data diperoleh suatu kesimpulan bahwa (1) Kemandirian belajar peserta didik dengan implementasi model pembelajaran tutor sebaya lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional (2) Kecemasan matematis peserta didik dengan implementasi model pembelajaran tutor sebaya lebih rendah daripada peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional (3) Hasil belajar peserta didik dengan implementasi model pembelajaran tutor sebaya lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional, (4) Terdapat hubungan positif yang kuat antara kemandirian belajar dengan hasil belajar peserta didik pada implementasi model pembelajaran tutor sebaya. (5) Terdapat hubungan negatif yang kuat antara kecemasan matemati dengan hasil belajar peserta didik pada implementasi model pembelajaran tutor sebaya. (6) Terdapat hubungan negatif yang cukup kuat antara kemandirian belajar dengan kecemasan matematis peserta didik pada implementasi model pembelajaran tutor sebaya. Kata Kunci: Tutor Sebaya, Kemandirian Belajar, Kecemasan Matematis, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2015
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 05 Mar 2016 03:23
Last Modified: 05 Mar 2016 03:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61

Actions (login required)

View Item View Item