ANALISIS DETERMINAN KINERJA USAHATANI KOPI ( Studi Kasus Kelompok Tani Maju Mekar Desa Nagarawangi Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang )

Rita Widayanti, 184030003 and Gugum Mukdas Sudarjah, SE, MT, Pembimbing (2022) ANALISIS DETERMINAN KINERJA USAHATANI KOPI ( Studi Kasus Kelompok Tani Maju Mekar Desa Nagarawangi Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang ). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER RITA WIDAYANTI.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK RITA WIDAYANTI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I RITA WIDAYANTI.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II RITA WIDAYANTI.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III RITA WIDAYANTI.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA RITA WIDAYANTI (1).pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Determinan Kinerja Usahatani Kopi ( Studi Kasus Kelompok Tani Maju Mekar Desa Nagarawangi Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang ). Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis pendapatan dan keuntungan. Lalu yang selanjutnya adalah analisis data regresi linear berganda menggunakan alat bantu SPSS 26. Adapun sampel yang diambil sebanyak 20 responden yang aktif dalam kelompok tani dan memiliki tanaman produktif. Hasil penelitian menunjukkan pendapatan sebanyak Rp. 11.082.477 per tahun/ha. Dan R/C ratio sebesar 4,1 > 1 yang artinya usahatani menguntungkan layak untuk dikembangkan. Hasil yang selanjutnya faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pendapatan usahatani yaitu variabel produksi, luas lahan, usia dan pengalaman bertani. Sedangkan variabel pendidikan dan jumlah tenaga kerja tidak berpengaruh nyata terhadap pendapatan usaha tani. Selanjut hasil dari analisis variabel modal dan bauran pemasaran tidak berpengaruh terhadap kinerja usaha tani, sedangkan variabel kemampuan manajerial dan peran pemerintah berpengaruh nyata terhadap kinerja usahatani. Kata Kunci : Petani, Pendapatan, Faktor-faktor yang Mempengaruhi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 09 Nov 2022 02:15
Last Modified: 09 Nov 2022 02:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60985

Actions (login required)

View Item View Item