PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN WEBSITE SERTA DAMPAKNYA LOYALITAS PENGGUNA MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (Studi Kasus Website Bhinneka Sangkuriang)

Handayani, : Bella Aprillia (2022) PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN WEBSITE SERTA DAMPAKNYA LOYALITAS PENGGUNA MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (Studi Kasus Website Bhinneka Sangkuriang). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Bella_173040019_Teknik-Informatika.pdf

Download (546kB) | Preview

Abstract

Bhinneka Sangkuriang adalah layanan Transportasi Cepat dari Pool ke Pool (point to point) Via TOL, Penumpang datang ke Pool Keberangkatan sesuai jadwal yang dipesan kemudian armada akan mengantar penumpang ke Pool tujuan tepat waktu. Pada website Bhinneka Sangkuriang belum sepenuhnya berjalan dengan optimal, seperti fitur yang tidak berjalan dengan efektif, penempatan pada tombol yang kurang tepat, dan seringnya data yang tidak sinkron. Salah satu cara untuk mengetahui apakah website tersebut berkualitas atau tidak yaitu dengan cara melakukan pengukuran kepuasan pengguna. Pengukuran kepuasan pengguna itu sendiri untuk mengetahui kualitas dari produk tersebut serta untuk melihat tingkat kepuasan dari pengguna. Maka dari itu dilakukan pengukuran tingkat kepuasan pengguna yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna dan dampaknya terhadap loyalitas pengguna itu sendiri. Selain itu, pengukuran kepuasan dilakukan juga untuk mengetahui isi dari informasi yang diberikan dan semua fitur yang ada di aplikasi sudah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pada aplikasi transportasi Bhinneka Sangkuriang dengan menggunakan model dari Doll dan Torkzadeh (1988) yaitu End User Computing Satisfaction (EUSC) yang terdiri dari 5 komponen seperti Content, accuracy, format, easy of use dan timeliness. Proses pengumpulan data terdiri dari uji instrument seperti uji validitas dan reliabilitas, lalu melakukan uji statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda dan analisis regresi linier sederhana menggunakan IBM SPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Bhinneka Sangkuriang. Dari populasi tersebut terpilih sebanyak 100 responden untuk menjadi sampel dalam penelitian ini. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa semua dimensi berada pada kategori puas, serta dimensi dari End User Computing Satisfaction (EUSC) memberikan pengaruh terhadap kepuasan pengguna dan dampak terhadap loyalitas pengguna. Kata Kunci: Pengukuran, Kepuasan Pengguna, Website Bhinneka Sangkuriang, End User Computing Satisfaction (EUSC), IBM SPSS.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 09 Nov 2022 01:47
Last Modified: 09 Nov 2022 01:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60977

Actions (login required)

View Item View Item