PENGARUH SUHU DAN WAKTU PENYEDUHAN TERHADAP KARAKTERISTIK TEH HERBAL CAMPURAN (ROSELLA (Hibiscuss sabdariffa L), TEH HIJAU (Camellia sinensis L), DAN JAHE MERAH (Zingiber officinale var. rubrum))

Permatasari, Bunga Yunita (2022) PENGARUH SUHU DAN WAKTU PENYEDUHAN TERHADAP KARAKTERISTIK TEH HERBAL CAMPURAN (ROSELLA (Hibiscuss sabdariffa L), TEH HIJAU (Camellia sinensis L), DAN JAHE MERAH (Zingiber officinale var. rubrum)). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Bunga Yunita Permatasari_173020095_Teknologi Pangan.pdf

Download (347kB) | Preview

Abstract

Teh herbal celup ini cara mengkonsumsi nya hanya dengan menyeduhnya dengan air panas, tetapi perlu diperhatikan suhu dan waktu penyeduhan agar mendapatkan kualitas yang baik untuk seduhan teh. Parameter penyeduhan merupakan hal krusial yang bisa dikendalikan konsumen untuk menjaga kandungan yang terdapat dalam seduhan teh. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu dan waktu penyeduhan terhadap karakteristik teh herbal campuran (rosella, teh hijau, san jahe merah). Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola factorial 3x3 dengan 3 kali ulangan. Rancangan perlakuan yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari dua faktor yaitu faktor suhu awal penyeduhan (A) yang terdiri dari tiga taraf yaitu a1 (70oC), a2 (80oC), a3 (90oC) dan waktu penyeduhan (B) yang terdiri dari 3 taraf yaitu b1 (5 menit), b2 (10 menit), b3 (15 menit). Variable respon penelitian ini meliputi respon fisik (total soluble solid (TSS), dan intensitas warna), respon kimia (derajat keasaman (pH), total flavonoid, vitamin C, dan kadar tannin), dan respon organoleptik (atribut warna, aroma, rasa, dan aftertaste). Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor suhu awal penyeduhan (A) dan faktor waktu penyeduhan (B) berpengaruh nyata terhadap kadakteristik fisik (total soluble solid (TSS), dan intensitas warna), karakteristik kimia (derajat keasaman (pH), total flavonoid, vitamin C, dan kadar tannin), dan organoleptik uji hedonik (atribut warna, aroma, rasa, dan aftertaste). Interaksi antara suhu awal penyeduhan dan waktu penyeduhan berpengaruh nyata terhadap karakteristik fisik (intensitas warna), karakteristik kimia (derajat keasaman (pH), vitamin C, dan kadar tannin), dan organoleptik dengan uji hedonik (atribut warna, aroma, dan rasa). Kata kunci : Teh Herbal, Suhu awal penyeduhan, Waktu Penyeduhan, Bunga Rosella Merah, Teh Hijau, Jahe Merah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 09 Nov 2022 01:41
Last Modified: 09 Nov 2022 01:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60974

Actions (login required)

View Item View Item