PERANCANGAN BOARD GAME UNTUK MEDIA BELAJAR TENTANG SISINGAANKEPADA ANAK - ANAK. Muh. Rijal Gunawan Hardik: 176010030

Muh. Rijal Gunawan Hardik, Henry H.Loupias,. M.Sn. dan Boy Irwan,. S.Sn (2022) PERANCANGAN BOARD GAME UNTUK MEDIA BELAJAR TENTANG SISINGAANKEPADA ANAK - ANAK. Muh. Rijal Gunawan Hardik: 176010030. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img]
Preview
Text
COVER - HAL 12.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Permasalahan Utama dalam perancangan ini adalah Kurangnya media informasi tentang Sisingaan, sehingga Anak – anak tidak mengetahui sejarah, makna Sisingaan, serta dasar lainnya tentang Sisingaan. Mereka hanya tahu Sisingaan adalah hiburan semata. Karena kurangnya materi tentang kesenian Sisingaan yang diberikan di sekolah dasar dan juga buku – buku Sisingaan yang susah dicari di toko buku. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan antusiasme anak kepada kesenian Sisingaan. Dengan media Boardgame sendiri dipilih menghasilkan bahwa Boardgame menjadi media yang cocok untuk media pembelajaran tentang Sisingaan. Karena dengan Boardgame mempunyai kelebihan sendiri salah satunya yaitu membuat pembelajaran akan semakin menyenangkan dan bisa lebih cepat untuk menerima materi yang diberikan karena bisa dimainkan berulang - ulang, dengan Board game membuat Anak – anak bisa lebih fokus sehingga mental blok tentang belajar tentang “Sejarah” itu tidak membosankan. Tidak hanya antusiasme anak yang meningkat, tetapi juga didalamnya terdapat pesan moral yang dapat ditanamkan pada anak juga dapat membantu melatih motorik anak. Metodologi pengumpulan dan juga penerapan data dalam penelitian ini dilakukan dalam bentuk semi eksperimen dan juga didukung dengan pengumpulan data primer dan sekunder (wawancara dan observasi).. Kata Kunci: Perancagan, Board Game, Belajar, Sisingaan, Anak - Anak.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2022
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 08 Nov 2022 07:08
Last Modified: 08 Nov 2022 07:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60948

Actions (login required)

View Item View Item