EFEKTIVITAS PERSIDANGAN SECARA ELEKTRONIK (E-COURT) DI PENGADILAN NEGERI BANDUNG DIKAITKAN DENGAN PERATURAN MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 1 TAHUN 2019

M. Rafi Ghariza, 151000333 (2022) EFEKTIVITAS PERSIDANGAN SECARA ELEKTRONIK (E-COURT) DI PENGADILAN NEGERI BANDUNG DIKAITKAN DENGAN PERATURAN MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 1 TAHUN 2019. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img]
Preview
Text
dafus.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Persidangan Secara Elektronik (E-Court) di Pengadilan Negeri Bandung Dikaitkan Dengan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019. Penelitian ini termask tipologi penelitian hukum empiris. Data penelitian dikumpulkan dengan cara pengumpulan dokumen yang berhubungan dengan efektifitas persidangan secara elektronik ( E-court ) di pengadilan negeri bandung kemudian data diolah dan disajikan secara deskriptif dan dianalisis secara kualitatif. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan empiris normatif,. Hasil studi ini menunjukan bahwa Peneliti menganggap dari sisi keefektivitasan menurut dari standar efektif yang sebagaimana merupakan tujuan akan hukum acara sesuai harapan pada Undang-Undang Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman, yang dimana dalam hal itu peradilan yang efektif merupakan peradilan yang dilakukan secara sederhana, cepat, dan biaya ringan, dampak dari penerapan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Administrasi Perkara Dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik terhadap penegakan ketentuan Pasal 118 HIR adalah dengan adanya landasan PERMA Nomor 3 Tahun 2018 Tentang administrasi perkara dipengadilan secara elektronik disempurnakan dengan PERMA Nomor 1 tahun 2019 Tentang Administrasi Perkara dan Persidangan Di Pengadilan Secara Elektronik. Pengadilan Negeri Bandung sudah menerapkan e-Court dengan baik dalam proses penyelesaian perkara Dampak langsung yang dirasakan para pencari keadilan sendiri adalah melalui penerapan e-court sendiri sejatinya membuat masyarakat pencari keadilan dapat lebih mudah mengakses dan mengontrol proses yang sedang berjalan sekaligus melakukan penghematan biaya berperkara. Kata Kunci : E-Litigation, E-court, Pengadilan negeri bandung.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2022
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 08 Nov 2022 06:52
Last Modified: 08 Nov 2022 06:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60946

Actions (login required)

View Item View Item