NURALIYA, SILFI, 185030019 (2022) ANALISIS JENIS MAKNA PADA KUMPULAN CERPEN “ORANG-ORANG BLOOMINGTON” KARYA BUDI DARMA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstract.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak Sunda.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (600kB) | Preview |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
||
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (38MB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya kesulitan peserta didik dalam menemukan makna dalam cerpen. Cerpen yang digunakan berjudul “Orang-Orang Bloomington” karya Budi Darma. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun bahan ajar sebagai alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah cerpen yang berjudul: “Orang-Orang Bloomington” karya Budi Darma dan yang dipilih menjadi sampel sebanyak 7 cerpen. Teknik pengumpulan data melalui telaah pustaka, dokumentasi, dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan seluruh makna kata konotatif, makna denotatif, makna gramatikal, makna leksikal, makna kias, makna lugas, makna referensial, makna nonreferensial, makna umum, makna khusus, perubahan makna kata, pergeseran makna kata, dan hubungan makna kata dapat dipilih sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia di SMA. Hal ini didukung oleh data hasil penelitian seluruh jenis makna yang terdapat dalam kumpulan cerpen “Orang-Orang Bloomington” karya Budi Darma memiliki persentase sebagai berikut: makna konotatif 7,49%, makna denotatif 10,7%, makna gramatikal 11,3%, makna leksikal 11%, makna kias 5,19%, makna lugas 10,8%, makna referensial 10,8%, makna nonreferensial 10,5%, makna umum 7,49%, makna khusus 7,34%, perubahan makna kata 3,21%, pergeseran makna kata 1,98%, dan hubungan makna kata 1,98%. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan pembelajaran Bahasa Indonesia, menunjukkan bahwa modul yang disusun dapat digunakan sebagai bahan ajar. Hal ini didukung oleh hasil validasi dari segi penilaian materi mendapatkan nilai rata-rata 88, dari segi penilaian penyajian mendapatkan nilai rata-rata 88,5, dan dari segi bahasa mendapatkan nilai rata-rata 90,5. Dengan demikian, hasil penelitian jenis makna kata dalam kumpulan cerpen “OrangOrang Bloomington” karya Budi Darma dapat dijadikan sebagai bahan ajar di kelas X SMA. Kata Kunci: Analisis, jenis makna, cerpen, bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 04:40 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 04:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60895 |
Actions (login required)
View Item |