PEMBELAJARAN BERMAIN DRAMA MENGGUNAKANMODELNUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS XI SMANEGERI 16 BANDUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

FADHILAH, NADA AULYA (2022) PEMBELAJARAN BERMAIN DRAMA MENGGUNAKANMODELNUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS XI SMANEGERI 16 BANDUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalambermaindrama dan kesulitan yang dialami oleh siswa ketika bermain drama. Adapunsalahsatu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif oleh pendidik. Dari banyaknya model pembelajaran, model Numbered Heads Together (NHT) bisa dijadikan alternatif untuk digunakan dalam pembelajaran bermain drama. Pendekatan yang digunakandalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini akanmembahas tentang data yang telah terkumpul dari subjek dan objek penelitian, hasil pengolahan data, serta analisis pengolahan data. Penulis menyusunhasil penelitian ini setelah melakukan penelitian terhadap siswa kelas XI SMANegeri 16 Bandung, di antaranya kelas XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 6 sebagai kelas kontrol. Hasil rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 48,30yang mengalami peningkatan pada hasil rata-rata posttest menjadi sebesar 76,50. Sedangkan hasil rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 47,70 yang mengalami peningkatan pada hasil rata-rata posttest menjadi sebesar 72,60. Dapat disimpulkan bahwa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol keduanya mengalami peningkatan rata-rata pada nilai hasil siswa. Berdasarkan output uji mann whitneydi atas, diketahui bahwa pada hasil posttest kelas eksperimen diperoleh nilai meanrank sebesar 36,40 dan sum of ranks sebesar 1038.00. Pada kelas kontrol diperoleh nilai mean rank sebesar 24,60 dan sum of ranks sebesar 792,00. Selanjutnya, pada output test statistics, dapat diketahui Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,012. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis awal yang menyatakanmodel Numbered Heads Together (NHT) efektif digunakan dalampembelajaranbermain drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 16 Bandung diterima karenanilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,012 > 0,05. Kata kunci :Bermain drama, Numbered Heads Together

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 07 Nov 2022 02:30
Last Modified: 07 Nov 2022 02:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60884

Actions (login required)

View Item View Item