PERBANDINGAN KEMASAN ALUMINIUM RETORT POUCH DAN NYLON RETORT POUCH SECARA VAKUM TERHADAP KARAKTERISTIK DAGING IGA DALAM SOP IGA INSTAN

Laverta, Tiar (2022) PERBANDINGAN KEMASAN ALUMINIUM RETORT POUCH DAN NYLON RETORT POUCH SECARA VAKUM TERHADAP KARAKTERISTIK DAGING IGA DALAM SOP IGA INSTAN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Tiar Laverta_183020019_Teknologi Pangan.pdf

Download (527kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui adanya perbedaan karakteristik daging iga dalam sop iga instan menggunakan kemasan nylon retort dan aluminium retort secara vakum. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Paired Samples T Test dengan aplikasi Statisctical Package for the Social Science (SPSS) versi 22.0. Rancangan ini terdiri atas dua variabel yaitu respon pada kemasan nylon retort pouch dan respon pada kemasan aluminium retort pouch. Parameter yang diuji terdiri dari empat respon yaitu kadar air menggunakan metode gravimetri, nilai pH menggunakan metode pH meter, total mikroba menggunakan Total Plate Count (TPC) dan organoleptik menggunakan uji mutu hedonuik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kadar air, nilai pH dan total mikroba pada daging iga dalam sop iga instan menggunakan kemasan nylon retort pouch tidak ada perbedaan atau tidak signifikan dengan kadar air, nilai pH dan total mikroba pada daging iga dalam sop iga instan menggunakan kemasan aluminium retort pouch selama penyimpanan dua puluh satu hari. Hasil dari respon organoleptik pada atribut aroma dan tekstur daging iga dalam kemasan aluminium retort pouch berbeda dengan daging iga yang dikemas dengan kemasan nylon retort pouch dan tanpa sterilisasi. Pada atribut warna dan rasa daging iga tanpa sterilisasi, dikemas dengan nylon retort pouch dan aluminium retort pouch tidak berbeda nyata. Kata Kunci: daging iga, retort, kemasan aluminium retort pouch, kemasan nylon retort pouch, dan makanan instan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 07 Nov 2022 02:07
Last Modified: 07 Nov 2022 02:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60880

Actions (login required)

View Item View Item