PENGARUH KONSENTRASI LIDAH BUAYA (Aloe vera barbadensis Miller) DAN BAWANG HITAM (Black garlic) TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN HERBAL

Ghinaisna, Ghinaisna (2022) PENGARUH KONSENTRASI LIDAH BUAYA (Aloe vera barbadensis Miller) DAN BAWANG HITAM (Black garlic) TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN HERBAL. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Ghinaisna-173020076-teknologi pangan.pdf

Download (804kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi lidah buaya dan konsentrasi bawang yang tepat untuk menghasilkan karakteristik minuman herbal terbaik. Manfaat penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemanfaatan lidah buaya dan bawang hitam sebagai bahan baku pembuatan produk minuman herbal yang dapat meningkatkan sistem imun. Dapat mengetahui formulasi yang tepat antara konsentrasi lidah buaya, konsentrasi bawang hitam serta bahan bahan lain terhadap penerimaan konsumen dan karakteristik minuman herbal. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak kelompok (RAK) dengan 9 perlakuan, masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali sehingga diperoleh 27 satuan percobaan. Dengan faktor konsentrasi lidah buaya a1 (50%), a2 (52,5%), a3 (55%) dan faktor yang kedua yaitu konsentrasi bawang hitam b1 (2,5%), b2 (5%), b3 (7,5%). Variabel respon pada penelitian ini adalah Respon kimia meliputi Penentuan Kapasitas Antioksidan; pH. Respon fisik meliputi Total Padatan Terlarut; Viskositas. Respon organoleptik meliputi Warna; Aroma; Rasa; Aftertaste. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa konsentrasi lidah buaya berpengaruh terhadap padatan terlarut, tetapi tidak berpengaruh terhadap kapasitas antioksidan, pH, viskositas, warna, aroma, rasa dan aftertaste. Konsentrasi bawang hitam berpengaruh terhadap total padatan terlarut dan rasa, tetapi tidak berpengaruh terhadap kapasitas antioksidan, pH, viskositas, warna, aroma dan aftertaste. Interaksi konsentrasi lidah buaya dan konsentrasi bawang hitam berpengaruh terhadap total padatan terlarut, tetapi tidak berpengaruh terhadap kapasitas antioksidan, pH, viskositas, warna, aroma, rasa dan aftertaste. Kata kunci: Minuman Herbal, Lidah Buaya, Bawang Hitam.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 07 Nov 2022 02:04
Last Modified: 07 Nov 2022 02:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60879

Actions (login required)

View Item View Item