STRATEGI KOMUNIKASI GURU PADA PEMBELAJARAN OFFLINE

Tasyania Sabrina, 162050356 (2022) STRATEGI KOMUNIKASI GURU PADA PEMBELAJARAN OFFLINE. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN OFFLINE (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Guru SMAN 4 Bukittinggi pada Pembelajaran Offline di masa Pandemi Covid- 19). Tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang digunakan oleh guru SMAN 4 Bukittinggi dalam pembelajaran offline atau tatap muka di masa pandemi covid yang dianalisis menggunakan model komunikasi Berlo yang memiliki empat komponen komunikasi yaitu sumber (source), pesan (message), media (channel), dan (penerima). Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah Kualitatif dengan Studi Deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan wawancara mendalam. Adapun teknik analisis data dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh guru SMAN 4 Bukittinggi pada pembelajaran offline di masa pandemi ini berbeda-beda, dengan menggunakan media pendukung yang berbeda-beda pula dalam menyampaikan materi pembelajaran agar materi tersebut dapat dimengerti oleh para siswa. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bagaimana respon siswa dalam menanggapi strategi komunikasi yang digunakan. Saran dari penulis disini diharapkan guru SMAN 4 Bukittinggi dapat menyiapkan perangkat pembelajaran sebelum mengajar sehingga guru dapat mengetahui berapa banyak waktu yang disediakan dan berapa banyak materi yang akan diajarkan sehingga tidak terjadi kekuarangan waktu ataupun tidak efisien dengan waktu yang telah ditentukan. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Guru, Pembelajaran Offline, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 05 Nov 2022 06:51
Last Modified: 05 Nov 2022 06:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60847

Actions (login required)

View Item View Item