KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ANTARA GURU DAN SISWA TUNARUNGU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR DI KABUPATEN CIREBON

Ramadita Sulala Sofwan, 182050412 (2022) KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ANTARA GURU DAN SISWA TUNARUNGU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR DI KABUPATEN CIREBON. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Abstrak Ramadita.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Skripsi Ramadita.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi Ramadita.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar persetujuan Ramadita.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Draftar pustaka Ramadita.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar ramadita.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 Ramadita.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Ramadita.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Anak berkebutuhan khusus tentu menghadapi masalah yang berbeda dan sangat khusus tidak seperti biasanya. Masalah tersebut dapat diselesaikan dengan berbagai cara seperti salah satunya layanan Pendidikan. Pendidikan merupakan proses merubah sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok orang untuk membutuhkan perkembangan potensi dirinya baik jasmani maupun rohani. Selain itu Pendidikan juga dapat menjadikan anak yang berkebutuhan khusus dihargai dan menambah relasi hubungan dengan orang lain. Oleh karenanya terpenuhinya Pendidikan untuk siswa yang berkebutuhan khusus penyandang tunarungu sangat penting dan guru dan siswa tunarungu membutuhkan komunikasi antarpribadi yang baik dalam lingkungan Pendidikan sekolah. Penelitian ini berjudul Komunnikasi Antarpribadi Antara Guru dan Siswa Tunarungu Dalam Memotivasi Belajar (Studi Deskriptif Kualitatif SLB-B Beringin Bhakti Kabupaten Cirebon). Komunikasi antarpribadi adalah sebuah interaksi yang dilakukan dua individu atau lebih yang saling mempengaruhi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi antarpribadi yang dilakukan guru terhadap siswa tunarungu dengan aspek keterbukaan guru, empati, dukungan, rasa positif dan kesetaraan memberikan motivasi dalam belajar di SLB-B Beringin Bhakti Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pada penelitian ini teori yang di gunakan adalah Komunikasi Antarpribadi Joseph DeVito, dengan pendekatan perspektif humasinistik yaitu keeterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan sikap kesetaraan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi antarpribadi yang dilakukan guru terbukti sangat berperan dalam membangun motivasi belajar siswa tunarungu di SLB-B Beringin Bhakti Kabupaten Cirebon. Kata Kunci: Komunikasi Antapribadi, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 05 Nov 2022 03:58
Last Modified: 05 Nov 2022 03:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60833

Actions (login required)

View Item View Item