PENGARUH PERBANDINGAN BAHAN PENGISI DENGAN RUMPUT LAUT (Gracilaria sp) DAN KONSENTRASI STPP TERHADAP KARAKTERISTIK SOSIS IKAN LELE

Mohammad Sidqi, Ihsan and Siti Nurminabari, Ina and Endah Rohima, Ira (2022) PENGARUH PERBANDINGAN BAHAN PENGISI DENGAN RUMPUT LAUT (Gracilaria sp) DAN KONSENTRASI STPP TERHADAP KARAKTERISTIK SOSIS IKAN LELE. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Ihsan Mohammad Sidqi_163020066_Teknologi Pangan.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan bahan pengisi dengan rumput laut dan konsentrasi STPP yang tepat dalam pembuatan sosis ikan lele. Manfaat dari penelitian adalah untuk mengenalkan bahan alternatif selain daging sapi sebagai diversifikasi pangan, meningkatkan nilai guna dan ekonomis terhadap rumput laut Gracilaria sp. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok pola faktorial 3x3 dengan 3 kali pengulangan. Faktor pertama adalah perbandingan bahan pengisi dengan rumput laut Gracilaria sp. a1 (70:30), a2 (60:40), dan a3 (50:50). Faktor kedua adalah konsentrasi STPP b1 (0,14%), b2 (0,24%), dan b3 (0,34%). Rancangan respon yang digunakan adalah respon fisik yaitu uji daya ikat air atau Water Holding Capacity (WHC). Respon kimia yaitu kadar protein, kadar serat kasar, dan kadar abu. Respon organoleptik yaitu uji hedonik meliputi parameter warna, aroma, tekstur, rasa, dan respon mikrobiologi yaitu Total Plate Count (TPC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan bahan pengisi dengan rumput laut Gracilaria sp. berpengaruh terhadap atribut mutu warna, aroma, tekstur, rasa, daya ikat air, kadar serat kasar dan kadar protein pada sosis ikan lele. Konsentrasi STPP berpengaruh terhadap atribut mutu warna, aroma, tekstur, rasa, daya ikat air, dan kadar protein pada sosis ikan lele. Interaksi antara perbandingan bahan pengisi dengan rumput laut Gracilaria sp. dan konsentrasi STPP berpengaruh terhadap atribut mutu warna, aroma, tekstur, rasa, daya ikat air, dan kadar protein pada sosis ikan lele. Sampel yang terpilih adalah perbandingan bahan pengisi dengan rumput laut Gracilaria sp 70:30 dan konsentrasi STPP 0,24%. Kadar protein, kadar serat kasar, kadar abu, dan TPC dalam produk berturut-turut adalah sebesar 10,13% ; 1,65%; 2,32% ; dan 4,2 x 102 koloni/gram. Kata kunci : Rumput laut Gracilaria sp., Sosis, Bahan pengisi, Ikan lele, dan Sosis Ikan Lele.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2012
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:43
Last Modified: 05 Nov 2022 02:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60751

Actions (login required)

View Item View Item