PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 006 BUAHBATU PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN

KHALIDINA, AULIYA PUTRI (2022) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 006 BUAHBATU PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak indonesia.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 006 Buahbatu Pada Subtema Manusia dan Lingkungan” yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 006 Buahbatu. Penelitian ini didasari temuan dalam kegiatan observasi pembelajaran yaitu pembelajaran masih kurang melibatkan siswa, sehingga siswa hasil belajarnya kurang. Model yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Selain meningkatkan hasil belajar siswa model Discovery Learning juga dapat meningkatkan sikap peduli, tanggung jawab, keterampilan komunikasi pada setiap siklusnya. Untuk peningkatan hasil belajar dari setiap siklusnya, siklus I sebesar 55%, siklus II sebesar 64%, siklus III 91%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan mulai dari siklus I sebesar 57,96, siklus II sebesar 67,50, Siklus III sebesar 72,50. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada subtema Manusia dan Lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:14
Last Modified: 04 Nov 2022 07:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60744

Actions (login required)

View Item View Item