KERJA SAMA USAID (UNITED STATES FOR INTERNATIONAL DEVELOPMENT DAN INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI INDONESIA

Namira Ardiana Rizkita, 182030016 (2022) KERJA SAMA USAID (UNITED STATES FOR INTERNATIONAL DEVELOPMENT DAN INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Kata Pengantar.docx

Download (15kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (20kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (23kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.docx

Download (17kB)
[img] Text
Cover Skripsi.docx

Download (188kB)
[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (60kB)

Abstract

Dengan berkembangnya tatanan dunia internasional, negara-negara harus saling memenuhi kebutuhan dan kepentingan nasionalnya, sehingga mengakibatkan munculnya berbagai lembaga internasional yang mendukung perkembangan masyarakat internasional. Salah satu organisasi internasional dalam hal ini adalah USAID, sebuah organisasi lembaga bantuan AS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kerjasama USAID dan Indonesia dalam bidang pendidikan kewirausahaan. Setelah menjalin kemitraan di AS dan Indonesia, diluncurkan program bernama KKN TKWU (Kuliah Karya Tematik Kewirausahaan) untuk membantu meningkatkan pendidikan kewirausahaan siswa. Program KKN TKWU merupakan program terakreditasi tahun 2017. Program ini terkait dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN), kurikulum utama sarjana. KKN TKWU ini bekerjasama dengan 10 perguruan tinggi di Indonesia, menerima lebih dari 12.000 mahasiswa, 1.149 desa, 27 kabupaten/kota di 3 provinsi. Sejauh ini, program KKN TKWU telah dilaksanakan di semua universitas mitra. Program ini bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pejabat setempat, dan masyarakat desa setempat. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, yaitu menjelaskan kejadian dan/atau kejadian berdasarkan fakta yang ada dan yang sedang berlangsung, serta kerjasama USAID dengan Indonesia dalam meningkatkan pendidikan kewirausahaan mahasiswa Indonesia Menganalisis dampak kerjasama. Peneliti juga menggunakan teknik pengumpulan data dan survei kepustakaan, teknik pengumpulan data yang diperoleh dari buku, artikel, jurnal, dan sumber berbasis internet yang relevan dengan masalah yang diteliti. Peneliti juga mengumpulkan data secara langsung dari objek yang diteliti untuk memperoleh data yang diinginkan dan gambaran masalah yang sebenarnya. Penulis mengumpulkan data untuk membahas masalah ini melalui wawancara dengan pejabat USAID di Jakarta. Berikut beberapa implementasi program yang telah dan sedang dilaksanakan: Kursus teori dan praktik dan pemikiran desain untuk kewirausahaan mahasiswa berbasis komunitas. Luaran Program Peningkatan Pendidikan Kewirausahaan KKN TKWU antara lain: Mampu meningkatkan kualitas talenta di dunia kerja. Kata Kunci: Kerja Sama Internasional, USAID, Pendidikan Kewirausahaan, KKN TKWU (Kuliah Kerja Nyata Tematik Kewirausahaan).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 04 Nov 2022 06:47
Last Modified: 04 Nov 2022 06:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60734

Actions (login required)

View Item View Item